Jumat , 18 Oktober 2019

Dandim Sragen Ajar Wasbang Kepada Siswa Siswi SMK 2

7 Februari 2019 05:14 WIB


Dandim 0725/Sragen Letkol Kav. Luluk Setyanto menjadi pembicara wawasan kebangsaan di SMK 2 Sragen.

SRAGEN, solotrust.com- Dandim 0725/Sragen Letkol Kav. Luluk Setyanto menjadi pembicara pada kegiatan wawasan kebangsaan (Wasbang)Taruna-Taruni SMK 2 Sragen, Rabu (6/2/2019). 

Sebelum disampaikan materi wawasan kebangsaan oleh Komandan Kodim Sragen, didahului dengan pemutaran profil Bung Karno. Saat pemutaran profil Bung Karno dimulai, siswa sangat antusias menyimaknya, 



“ Baguslah ditampilkan profil Bung Karno, bagi saya yang belum begitu tau siapa sosok Bung Karno Bapak Proklamator Indonesia, saya jadi tahu sekarang ini,“ Tukas Agus, salah satu siswa SMK 2 Sragen .

Materi wawasan kebangsaan yang disampaikan Letkol Kav Luluk Setyanto meliputi pilar kebangsaan, diantaranya Pancasila sebagai konsensus dasar negara UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pancasila merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat, sedangkan esensi nilai-nilai Pancasila adalah nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan.“Ujar Dandim.

Dijelaskan Dandim, keragaman dalam satu kesatuan NKRI menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, terdiri dari suku bangsa, ras, bahasa, tapak budaya penduduk yang mendiami pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keragaman tersebut harus menjadi kekuatan untuk bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional dalam bingkai NKRI.

Dandim menegaskan, bangsa Indonesia ini lahir dari keberagaman, berbagai etnis kumpul menjadi satu dalam satu lingkungan berbagai penganut agama saling berkomunikasi satu sama lain dan hidup rukun antar ummat beragama.

“kepada siswa SMK Negeri 2 Sragen jadikan pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau aturan.“ Pungkas Dandim.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com