Hard News

7.145 Kotak Suara Mulai Dirakit KPU Kota Yogyakarta

Hard News

6 Februari 2019 19:06 WIB

KPU Kota Yogyakarta mulai merakit kotak suara pemilu yang berbahan karton duplex.

YOGYAKARTA, solotrust.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta mulai merakit 7.145 lembar karton duplex kotak suara pemilu, Rabu (6/2/2019) siang.

Proses perakitan dilakukan di dalam sebuah gudang di Dusun Pelem Mulong, Kelurahan Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).



Dalam proses pelipatan kotak suara ini, KPU Yogyakarta mengerahkan sebanyak 20 orang yang berasal dari perwakilan 14 kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta. Tidak hanya melakukan proses pelipatan, petugas KPU juga melakukan pengetesan kekuatan kota suara tersebut, dengan cara mendudukinya.

Komisioner KPU Kota Yogyakarta  Hidayat Widodo mengatakan, pihaknya menargetkan proses pelipatan kotak suara selama satu minggu. Pengerjaannya sendiri dilakukan mulai jam 08.00 WIB 16.00 WIB.

“Hari ini kita mulai perakitan kotak suara yang berbahan dari karton duplex. Artinya kita sudah mulai karena sudah ada surat edaran dari KPU RI sudah diizinkan merakit kotak di bulan Februari ini.” Jelas Hidayat.

Petugas KPU juga belum menemukan adanya kotak suara yang rusak dalam proses pelipatan ini.

Terkait rencana distribusi kota suara, pihak KPU Kota Yogyakarta masih menunggu adanya surat dari KPU RI. Namun diperkirakan kotak-kotak suara tersebut akan mulai didistribusikan pada bulan Maret mendatang. (adam)

(wd)