Selasa , 23 Juli 2019

Wujud Pluralisme dalam Peringatan Imlek di Sam Poo Kong

05 Februari 2019 19:23 WIB


Peringatan Imlek 2570 di Kelenteng Sam Poo Kong, Selasa (5/2/2019). (Dok Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, solotrust.com – Ribuan orang memadati area Kelenteng Sam Poo Kong dalam puncak peringatan Tahun Baru Imlek 2570, Selasa (5/2/2019). Dalam acara tersebut, digelar berbagai pertunjukan seperti tari Gambang Semarang hingga Barongsai Nacha Dharma.

Hadir dalam peringatan Imlek di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wagub Taj Yasin Maimoen, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi, serta Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.



Ganjar dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga dan merawat Sam Poo Kong agar kerukunan dan kemakmuran dapat tercapai.

"Jika Imlek itu biasanya hujan sebagai harapan kesuburan dan ketenangan, kita berharap nanti saja, dan jangan deras-deras, biar tidak banjir," ujarnya.

Menurutnya, Kelenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu wujud pluralisme yang ada di Semarang. Hal itu berkaca dari sosok Laksamana Cheng Ho sebagai seorang muslim, yang erat kaitannya dengan perjalanan kelenteng ini. Untuk itu ia mengajak masyarakat agar menjaga keragaman Indonesia dengan selalu memupuk persaudaraan.

“Jangan sampai ada perpecahan dalam perbedaan, selalu jaga silaturahmi agar tercipta negara yang aman dan tenteram,” tuturnya.

Salah satu pengunjung, Amanda Adis Aditia, mengaku sudah tiga kali menyambangi kelenteng ini. Datang bersama suami dan anaknya, perempuan yang bekerja sebagai ASN Pemprov Jateng ini turut mengajarkan kepada buah hatinya tentang indahnya perbedaan dan arti kerukunan antarumat beragama.

"Tadi juga tanya, 'Lho kok banyak orang Cina-nya?' Maka saya jelaskan bahwa di sini itu bukan hanya orang Jawa saja, tetapi ada orang Arab hingga Cina. Toh Laksamana Cheng Ho ini juga dikenal sebagai penyebar agama Islam. Jadi ya kita harus saling menjaga kerukunan, termasuk mengajarkannya ke anak-anak kita," urai perempuan 33 tersebut.

Peringatan Imlek di Kelenteng Sam Poo Kong diawali pada Jumat (1/2/2019) hingga Senin (4/2/2019) dengan digelarnya berbagai kegiatan seperti bazar kuliner, lomba kreasi tumpeng, keroncong, barongsai, kostum figure, reog Bali, reog Ponorogo.

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »