Senin , 16 September 2019

Tugas Akhir Mahasiswa ISI Surakarta Mejeng di Pameran Mighty Fifteen

5 Februari 2019 05:06 WIB


Pengunjung tengah melihat pameran karya mahasiswa Might Fifteen. (solotrust-adr)

SOLO, solotrust.com - Sebanyak 15 mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menampilkan karya tugas akhirnya dalam pameran Mighty Fifteen.

Kegiatan pameran digelar selama lima hari mulai dari Senin (4/2/2019) sampai dengan Jumat (8/2/2019), buka mulai pukul 08.00 WIB-12.00 WIB di Ruang Animasi DKV Gedung V Lantai 1 Kampus Mojosongo FSRD ISI Surakarta.



Kaprodi Asmoro Panindias SSn MSn menerangkan, Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta melaksanakan proses tugas akhir melalui dua jalur yakni jalur skripsi dan jalur karya.

Kata dia, tajuk pameran tersebut didasari oleh keajaiban dari 15 tema yang diangkat dalam tugas akhir yang beraneka ragam dan variasi, baik aspek ide maupun eksekusi media rancangan dengan tema utama 'Keajaiban dan Unggulan'.

"Ujian pendadaran ini selain berupa sidang, juga dikemas melalui event pameran dari karya baik skripsi (5 mahasiswa) maupun karya (10 mahasiswa) sesuai tema yang diangkat maka pameran ini bertajuk, yaitu Mighty Fifteen," kata Asmoro kepada solotrust.com.

Menurutnya, tema tugas akhir yang melalui jalur skripsi yang diangkat beraneka macam, yakni seputar kajian desain komunikasi visual yang berupa komik, iklan, animasi, dan cover novel baik dari aspek strategi kreatif maupun analisis visual.

Sedangkan, bagi mahasiswa yang melalui jalur karya, mereka mengangkat lokal konten di Indonesia, berupa perancangan desain komunikasi visual baik perancangan iklan media cetak, luar ruang (outdoor), komik teknik ilustrasi digital, kampanye sosial, intellectual property, identitas visual, maupun desain antarmuka (interface).

"Karya tugas akhir jalur karya mahasiswa antara lain rancangan konsep kampanye sosial untuk peduli kepada penyandang sakit jiwa, perancangan inovasi komik manipulasi foto legenda Gunung Arjuna, perancangan desain antarmuka aplikasi (interface) untuk wisata dan transportasi media promosi wisata di Surakarta," papar dia.

Kemudian, ada desain karakter sebagai intelektual properti media promosi band Indie di Surakarta, infografis perancangan media promosi Kirab Pusaka Malam 1 Suro Keraton Kasununan Surakarta, perancangan buku ilustrasi digital painting dengan materi edukasi holtikultura kepada anak, perancangan karakter visual Singo Ulung, Bondowoso, dan beragam tema tugas akhir yang kreatif lainnya.

"Mereka nanti akan di-wisuda pada 15 Februari 2019 bersamaan dengan mahasiswa wisuda ISI Surakarta lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Basnendar H selaku panitia bagian publikasi menambahkan, pameran ini terbuka untuk umum dan bertujuan untuk mengenalkan potensi karya tugas akhir mahasiswa dan bidang ilmu desain komunikasi visual.

"Kami berharap melalui event ini dapat memberikan gambaran awal dan sebagai inspirasi kepada mahasiswa di tingkat bawah agar nantinya dalam proses TA bisa lebih meningkat baik secara kualitas baik secara ide gagasan maupun strategi kreatifnya," ujarnya. (adr)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »