Rabu , 2 Desember 2020

Film Anime Mirai Raih Penghargaan di Annie Awards

4 Februari 2019 22:06 WIB


Film anime "Mirai" (Dok. Studio Chizu via showcasecinemas.co.uk).

Solotrust.com - The International Animated Film Association (ASIFA) pada Sabtu (2/2/2019)  mengumumkan pemenang untuk Annie Awards ke-46.

Hasilnya, film anime "Mirai" dari Mamoru Hosoda berhasil menyabet penghargaan untuk kategori Best Animated Independent Feature (Film Fitur Animasi Independen Terbaik) dalam ajang penghargaan untuk film-film animasi terbaik dunia tersebut.



Dikabarkan Anime News Network (3/2), Hosoda hadir dalam malam penganugerahan tersebut. Dalam pidato kemenangannya, ia menjelaskan bagaimana anaknya sendirilah yang menginspirasinya untuk membuat cerita "Mirai".

"Mirai" menang dari sejumlah film animasi lain yakni "MFKZ (Mutafukaz)", "Ce Magnifique Gâteau !", "Ruben Brandt", "Collector", dan "Tito and the Birds".

Selain itu, "Mirai" juga masuk nominasi untuk kategori Outstanding Achievement for Writing in an Animated Feature Production (Pencapaian Luar Biasa untuk Penulisan Sebuah Produksi Film Fitur Animasi) namun film dari Phil Lord dan Rodney Rothman yakni "Spider-Man: Into the Spider-Verse" yang berhasil memenangkannya. Film tersebut juga berhasil memenangkan kategori Best Animated Feature (Film Fitur Animasi Terbaik) tahun ini.

ASIFA sendiri menambahkan kategori Best Animated Independent Feature pada 2016 untuk mengakui karya-karya para animator independen, studio-studio internasional, anime dan juga produksi-produksi spesial yang mungkin belum menerima perhatian yang seharusnya.

Tahun lalu, film anime "In This Corner of the World" dari Sunao Katabuchi dan "Napping Princess" dari Kenji Kamiyama masuk dalam nominasi namun tidak menang.

Sedangkan pada 2016, "Miss Hokusai" dari Production I.G, "The Red Turtle" dari Michael Dudok de Wit dan Studio Ghibli, dan "Your Name" dari Makoto Shinkai dinominasikan dan "The Red Turtle" berhasil memenangkannya.

"Mirai" sendiri adalah film anime bergenre drama dengan tema time travel atau menjelajah waktu yang rilis pada 20 Juli 2018.

"Mirai" menceritakan tentang sebuah keluarga yang tinggal di rumah kecil di sudut kota. Cerita berpusat pada Kun, anak berusia 4 tahun yang merasa kasih sayang dari orang tuanya dirampas ketika adiknya yang bernama Mirai (berarti masa depan dalam Bahasa Jepang) lahir.

Kun menjadi anak yang selalu merengek pada hal-hal kecil, hingga kemudian ia mengalami berbagai peristiwa luar biasa yang belum pernah dialami dalam hidupnya, termasuk dirinya yang nyaris dibawa menuju "Lonely Land" atau Tanah Sepi (neraka) dengan kereta api berbentuk naga. Ia akhirnya bertemu dengan adiknya Mirai dari masa depan (Mirai yang sudah besar) sebelum semuanya terlambat.

"Mirai" juga mencatatkan prestasi besar karena berhasil masuk nominasi Piala Oscar ke-91, yang pemenangnya akan diumumkan pada 24 Februari 2019 mendatang di Dolby Theatre, Amerika Serikat.

"Mirai" masuk dalam kategori film fitur animasi (Animated Feature Film) bersama 4 film animasi lain yakni "Incredibles 2", "Isle of Dogs", "Ralph Breaks the Internet", dan "Spider-Man: Into the Spider-Verse".

Sebelumnya, film yang menggambarkan bagaimana seorang anak kecil akhirnya bisa berdamai dengan dirinya dan keluarganya ini juga dinominasikan dalam sejumlah ajang penghargaan internasional yakni Golden Globe Awards ke-76 dan Critics' Choice Awards ke-24. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com