Serba serbi

Ganjar Minta Wartawan ‘Ajari’ Masyarakat untuk Kembangkan Pariwisata Jateng

Wisata & Kuliner

2 Februari 2019 03:05 WIB

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kanan). (Dok Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, solotrust.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengajak seluruh insan media turut gencar terlibat pada pengembangan pariwisata, khususnya di Jateng. Selain itu, ia juga meminta para wartawan untuk 'mengajari' masyarakat agar bisa mengembangkan parisiwata di daerahnya.

Hal itu ia ungkapkan di sela wawancara terkait Hari Pers nasional (HPN) 2019 di Puri Gedeh Semarang, kamis (31/1/2019). Menurutnya, media memiliki kekuatan besar untuk mengenalkan pariwisata ke seluruh pelosok dunia.



Ganjar menilai, peran media sangat besar dalam pengembangan pariwisata. Di sisi lain, ia juga menyebut peran citizen journalism berpengaruh besar dalam pengembangan pariwisata, terutama melalui media sosial.

Dalam pengembangan pariwisata, kata dia, tidak hanya keterlibatan media mainstream saja yang dibutuhkan. Namun juga citizen journalism yang sekarang banyak berkembang di tengah masyarakat melalui media sosial memiliki peran besar.

Citizen journalism diminta untuk aktif membuat cerita-cerita jurnalistik tentang pariwisata yang ada di daerah masing-masing.

"Nah, wartawan dari media-media mainstream saya berharap bisa mengedukasi masyarakat yang saya sebut 'wartawan amatir' ini. Anak-anak muda yang peduli terhadap pariwisata bisa diajari cara menulis yang baik dan benar tentang pariwisata. Agar mereka bisa mengembangkan potensi di daerahnya masing-masing, bisa wisata alam, kuliner, budaya, kerajinan dan lainnya," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Pada peringatan HPN 2019 ini, tak lupa Ganjar berharap pers Indonesia semakin mencerdaskan, semakin mendidik dan memberikan fakta dan data yang akurat.

"Sehingga masyarakat bisa membandingkan informasi dan menjadi cerdas. Jangan membuat berita hoaks lho," tuturnya.

(way)