Hard News

Dampak Cuaca Ekstrim, Tiga Rumah dan Satu Jembatan Rusak Berat

Hard News

31 Januari 2019 21:06 WIB

Rumah warga rusak parah akibat pondasi tergerus aliran air sungai.

SLEMAN, solotrust.com- Hujan deras disertai angin yang terjadi pada Rabu (30/1/2019) malam di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebabkan Kali Pete meluap. Akibatnya tiga rumah dan satu jembatan mengalami rusak berat.

Bahkan satu rumah warga di Dusun Karangmojo Taman Martani, Kalasan, Sleman hancur terbawa arus sungai akibat pondasi tanah yang tergerus aliran air Kali Pete.



Tidak hanya itu, dua rumah warga lain dan sebuah jembatan di lokasi yang sama terancam roboh akibat tanah pondasi tergerus air.

Salah satu warga Purwo Santoso mengatakan, kejadian berawal dari hujan deras yang terjadi pada Rabu dari sore hingga malam. Tak lama usai hujan, ia mendengar suara retakan dan sejumlah pohon yang tumbang. Tak selang berapa lama sebuah rumah milik warga ambrol dan terbawa aliran sungai.

“Air di sungai itu memang kenceng sekali, jam 8 kami sudah tutup pintu semua, tiba tiba ada suara brukk gitu, ternyata pohon di depan tumbang, akhirnya kami menyingkir. Yang rusak ada 3 kamar sama warung, itu yang terdampak langsung terseret air.” Terang Purwo Santoso.  

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, sebanyak 16 jiwa yang terdampak bencana telah diungsikan ke lokasi yang aman. (adam) 

(wd)