Serba serbi

NCT 127, Grup K-POP yang Selalu Mencari Tantangan dengan Genre Musik Baru

Musik & Film

30 Januari 2019 01:04 WIB

NCT 127 (Dok. SM Entertainment).

Solotrust.com - NCT 127 adalah grup K-POP yang kerap bereksperimen dengan genre-genre musik baru. Dikabarkan Yonhap, Minggu (27/1/2019), grup asal SM Entertainment tersebut mengatakan bahwa mereka akan terus menantang diri mereka dengan berbagai genre musik untuk menunjukkan konsep-konsep yang baru tiap kali merilis album.

"Jika kalian melihat tiap-tiap lagu kami baik-baik, maka saya pikir tidak ada genre yang tumpang tindih," kata Doyoung, salah satu anggota NCT 127 dalam konferensi pers sebelum konser mereka di Olympic Park, Seoul (27/1).



Ia melanjutkan, "Saya ingin mengatakan bahwa genre kami adalah sebuah tantangan. Tanpa memiliki satu konsep yang tetap, kami ingin menunjukkan hal-hal baru tiap kali kami kembali dan mengejar konsep dengan hal-hal yang segar."

Debut pada 2016, NCT 127 memang selalu menyajikan genre-genre baru dalam musiknya. Lagu debut mereka "Fire Truck" adalah track eksplosif dengan moombahton dengan suara khas truk pemadam kebakaran.

Dalam comeback lain misalnya "Touch", NCT 127 kembali dengan mengusung genre

R&B synthpop yang cerah. Track dengan genre dance eksperimental yang bombastik mereka tampilkan dalam hits "Cherry Bomb." 

Untuk comeback "Regular", mereka kembali dengan genre yang mengandung unsur Latin dan trap. Yang terbaru, NCT 127 kembali dengan "Simon Says" yang bergenre electro, hip hop dan pop hybrid.

Meskipun baru debut pada 2016, album studio pertama mereka "Regular-Irregular" sudah bisa mendarat di chart Billbaord 200 yang dikenal sangat kompetitif. NCT 127 pun menjadi salah satu artis K-POP yang bisa mencapai prestasi tersebut selain artis-artis K-POP lain seperti BTS, BLACKPINK dan EXO.

NCT 127 juga telah mendapatkan pengakuan internasional. Grup tersebut disebut Apple Music sebagai artis “Up Next”. Ini adalah pertama kalinya Apple Music memilih artis K-POP untuk itu.

NCT 127 pun telah melakukan aktivitas-aktivitas mereka di Amerika Serikat, seperti hadir dalam acara penghargaan American Music Awards (AMAs) 2018 pada 9 Oktober lalu. Selain itu, mereka juga tampil di televisi nasional Amerika Serikat untuk pertama kalinya dalam acara “Jimmy Kimmel Live” pada 8 Oktober 2018. Pada 4 November 2018, NCT 127 juga akan tampil dalam acara untuk merayakan ulangtahun Mickey Mouse yang ke-90 bertajuk “Mickey’s 90th Spectacular”.

Grup beranggotakan Taeyong, Taeil, Yuta, Jaehyun, Winwin, Mark, Haechan, Doyoung, Johnny dan Jungwoo tersebut juga telah mendapatkan sejumlah penghargaan dalam karir musiknya seperti Best New Artist (Male Group) dalam Mnet Asia Music Awards (MAMA) 2016, Best Rookie of The Year dari Yin Yue Tai V-Chart Award 2017 dan Best Artist Group (Male) dalam 24th Korean Entertainment Arts Awards 2018. (Lin)

(wd)