Hard News

Solidaritas Cosplayer Solo Raya untuk THR Tercinta : SAYONARA SRIWEDARI

Jateng & DIY

5 November 2017 04:20 WIB

Ilustrasi Nubie Japan. (IG)

SOLO, Solotrust.com - Masyarakat eks karesidenan Surakarta akan kehilangan satu ruang publik yang sangat ikonik. Tepat pada tanggal 4 Desember nanti, Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari akan berhenti beroperasi. Dengan demikian, sudah 32 tahun THR Sriwedari ikut meramaikan dunia hiburan Kota Solo. Padahal THR telah memiliki pengunjung setia meliputi komunitas musik dan komunitas hobi lain. 
 
Sebagai wujud solidaritas, beberapa cosplayer Solo berinisiatif untuk menggelar satu acara bertajuk "Sayonara Sriwedari." Penggagas kegiatan ini adalah Bonifasius Bayu DJ alias Yusuke Kaze, salah satu cosplayer di Solo yang awalnya hanya mengajak beberapa penggemar tokusatsu Solo. Tujuannya untuk memberi salam perpisahan ke THR pada hari Minggu 12 November 2017. Rencananya acara akan dimulai jam 9 pagi usai CFD, dilanjut kumpul bareng, berbagi pengalaman lalu berfoto untuk kenang-kenangan. 
 
"Mengingat THR Sriwedari sebentar lagi mau tutup, mari ngumpul dan main bareng di THR Sriwedari sebagai kenang-kenangan terakhir. Kumpul bareng dan main pakai kostum saja... Jadi ayo diramaikan! Kita kumpul dan foto-foto bareng dengan cosplay masing-masing," demikian ajakan Bayu yang telah tersebar di sosial media para pehobi Jepang di Solo.
 
Berbagai grup hobi Jepang lain seperti Otaku Solo Raya, Kuroneko, Japanholic Solo, Nubie Japan, Itasha Region Solo, Osu Solo Region Club (OSRC), Visual Shock Community (VOC), Ichiro Orenji UNS, Kekkai UMS dan lain lain juga turut berpartisipasi. Sehari setelah ajakan menyebar, sebanyak 11 cosplayer, 4 fotografer, dan beberapa panitia relawan langsung bergabung. Diperkirakan jumlah tersebut akan terus bertambah.
 
"Ini sekaligus membuktikan bahwa meski kami menyukai budaya Jepang tapi kami tetap peduli pada kearifan lokal. Harapannya mulai dari sini, silaturahim antara cosplayer Solo makin erat dan menambah kreativitas pehobi Jepang di Solo," tutur Bayu.
 
Masyarakat dipersilakan berfoto dengan para cosplayer dalam kesempatan tersebut. Ke depan, dirinya berharap para cosplayer Solo bisa berfoto di tempat-tempat ikonik Kota Solo yang lain. Sekaligus mempromosikan daya tarik wisata Kota Solo ke para pehobi Jepang di luar kota bahkan luar negeri.
 
Terakhir, bagi penggemar Jepang yang ingin berpartisipasi bisa gabung di grup chat whatsapp https://chat.whatsapp.com/IVx0hTmTv9FLoN5Wcaymrs. (Arum-A)

(Redaksi Solotrust)

Berita Terkait

Berita Lainnya