Jumat , 23 Agustus 2019

Serahkan 5 Perangkat Gamelan, Pemkot Berencana Tambah 10 Lagi Tahun Ini

26 Januari 2019 10:57 WIB


Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo pada saat penyerahan perangkat gamelan.

SOLO, solotrust.com - Pemkot Surakarta menyerahkan sebanyak 5 perangkat gamelan kepada berbagai instansi dan institusi pendidikan. Hal ini dimaksudkan untuk melestarikan kesenian gamelan serta memperkuat identitas Solo sebagai Kota Budaya.

"Perangkat gamelan dibagikan kepada SMPN 26, SMPN 4, Kelurahan Mangkubumen, Kelurahan Sumber, dan Kelurahan Tegalharjo, dari pengadaan tahun anggaran 2018," ujar Rudy kepada wartawan di sela kegiatan Mider Praja, Jumat (25/1/2019)



Ke depan Wali Kota berencana menambah pembagian 10 perangkat gamelan ke beberapa tempat pada anggaran perubahan tahun ini.

"Ini sebagai upaya untuk mengenalkan, menyosialisasikan, membiasakan hingga diharapkan para generasi penerus bangsa bisa mencintai kebudayaan, dan juga melestarikan serta menghidupkan ekonomi pengrajin gamelan" katanya.

Rudy turut menekankan agar siswa bahkan guru dan kepala sekolah, mampu dan mau untuk belajar gamelan.

"Apalagi kebudayaan saat ini tumbuh sangat subur dan mengakar sangat kuat di Solo, bahkan gaung Solo sebagai Kota Budaya semakin dikenal sampai mancanegara, melalui pelajar, daripada tawuran, berkelahi mendingan main gamelan" ucapnya. (adr)

()

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »