Hard News

Polisi Pastikan Video Banjir Ikan di Kebumen Hoaks

Hard News

26 Januari 2019 01:04 WIB

Hoaks banjir ikan di Kebumen. (Istimewa)

KEBUMEN, solotrust.com – Baru-baru ini beredar sebuah video yang menampilkan fenomena banjir ikan di jalan raya di Kebumen. Pihak kepolisian setempat memastikan bahwa video itu tidak terjadi di Kebumen.

Video tersebut menyebar luas melalui aplikasi pesan WhastApp. Pada video tersebut, banyak warga yang memunguti ikan dan memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan.



Selanjutnya, pada video itu terdapat tulisan warna biru “Waduk Wadaslintang Kebumen”, yang mungkin menunjukkan bahwa video itu diambil di sekitar Waduk Wadaslintang.

Menanggapi beredarnya video tersebut, Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede memastikan bahwa video itu hoaks. Ia menyebut bahwa video itu bukanlah terjadi di Kebumen.

“Itu di luar negeri sana. Dari hasil pengecekan dan konfirmasi di lapangan kejadian seperti itu tidak ada di sekitar Waduk Wadaslintang,” jelas AKBP Robertho Pardede melalui keterangan tertulisnya, Kamis (24/1/2019).

Ia menjelaskan, jika diamati pada detik ke tujuh video tersebut, ada tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) berhasil terekam. Dan itu bukan tipe TNKB Indonesia.

“Intinya jangan mudah men-share sebuah informasi. Karena semua informasi tidak selalu benar. Kita harus mencari informasi dari sumber yang bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya,” tegasnya. 

(way)