Serba serbi

Forward Message di WhatsApp Kini Dibatasi Hanya 5 Kali

Teknologi

22 Januari 2019 14:50 WIB

WhatsApp (pixabay.com)

JAKARTA, solotrust.com – Fitur Forward Message di WhatsApp kini dibatasi hanya sebanyak lima kali saja. Pembatasan tersebut resmi dimulai pada Selasa (22/1/2019) pukul 12.00 WIB.

Sebelumnya, Menkominfo Rudiantara telah bertemu dengan Vice President Public Policy and Communications WhatsApp Victoria Grand di Kantor Kementerian Kominfo pada Senin (21/01/2018) sore.



Pertemuan keduanya membahas langkah nyata untuk mengurangi penyebaran hoaks yang sangat cepat viral melalui aplikasi pesan instan WhatsApp.

Salah satu langkah yang diambil yakni pembatasan jumlah forward pesan melalui WhatsApp. Langkah ini sebelumnya telah dibahas sejak kuartal ketiga tahun 2018. Adapun beta test fitur itu telah dilakukan sejak dua bulan terakhir.

“Fitur pembatasan forward pesan melaui WhatsApp akan mulai berlaku efektif pada tanggal 21 Januari 2019 waktu Los Angeles atau tanggal 22 Januari 2019 Pukul 12.00 Waktu Indonesia Bagian Barat,” demikian kutipan siaran pers Kominfo.

Pembatasan jumlah forward pesan pada aplikasi Whatsapp baru berlaku untuk pengguna OS Android. Untuk IOS sedang dalam proses pengembangan.

Menkominfo mengapresiasi langkah WhatsApp untuk mengurangi  penyebaran konten negatif di platform pesan instan itu.

Menurutnya, upaya pengurangan penyebaran hoaks melalui WhatsApp telah menjadi perhatian global. World Global Influencer Leader dari empat negara melakukan pembahasan dengan pihak WhatsApp untuk mewujudkan langkah pengurangan penyebaran hoaks.

(way)