Hard News

Menhub Upayakan Tarif Angkutan Transportasi Tak Naik

Hard News

22 Januari 2019 02:04 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Dok solotrust.com)

JAKARTA, solotrust.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku terus mengupayakan agar tarif angkutan transportasi massal tak naik. Hal ini berkaitan dengan respon dari masyarakat yang mengeluhkan naiknya tarif angkutan transportasi beberapa waktu belakangan.

Menurut Menhub, dirinya beserta jajaran Kementerian Perhubungan terus berupaya agar tarif tidak mengalami peningkatan yang signifikan dan masih dalam batas daya beli masyarakat.



“Arahan Pak Presiden, tarif-tarif itu sedapat mungkin tidak naik karena daya beli masyarakat terbatas. Kalau di kota-kota sepanjang utara Pulau Jawa yang dilalui kereta api kita dapat mengandalkan tarif-tarif yang ada sekarang. Tapi kalau berkaitan dengan internasional, tentunya pesawat kita upayakan agar tarif-tarif itu dalam suatu jangkauan atau kenaikan yang bijaksana,” ungkapnya, dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/1/2019).

Pihaknya berharap, apabila tarif angkutan transportasi terjangkau dan masih masuk dalam daya beli masyarakat, hal ini dapat terus memicu kegiatan ekonomi lain seperti perdagangan dan pariwisata untuk semakin berkembang.

“Harapannya dengan tarif-tarif yang tidak naik itu justru memicu kegiatan-kegiatan ekonomi yang lain. Sehingga masyarakat bisa bergerak untuk berdagang, mereka bisa berwisata dan sebagainya. Karena kita ingin sekali perdagangan dan pariwisata itu menjadi suatu hal andalan bagi masyarakat,” ujarnya. 

(way)