Senin , 26 Agustus 2019

Barengan Haul Gus Dur, Panitia Imlek Undang Isteri Gus Dur Jadi Pembicara Dialog Kebangsaan

21 Januari 2019 18:08 WIB


Sumartono Hadinoto (kiri) dan KH. M. Dian Nafi (kanan). (Dok. solotrust.com).

SOLO, solotrust.com - Perayaan Imlek 2019/2570 yang jatuh pada 5 Februari 2019 dengan Shio Babi Tanah bakal dibarengi dengan gelaran Haul Gus Dur yang berlangsung di Benteng Vastenburg 23 Februari 2019. Untuk itu, dalam peringatan Cap Go Meh ada gelaran yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Panitia Imlek menggelar Dialog Kebangsaan Cap Go Meh di Pendaphi Gede Balai Kota Surakarta pada Jumat (22/2/ 2019), dengan menghadirkan isteri Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid sebagai pembicara.



"Kita sudah buat surat resmi, undangan dan permohonan ibu Nuriyah untuk memberikan wawasan kebangsaan pada acara Cap Go Meh, jadi nanti saling mengisi," ungkap Ketua Panitia Imlek 2019 Sumartono Hadinoto kepada solotrust.com, Senin (21/1/2019).

Menurut Sumartono, tahun-tahun sebelumnya tidak ada dialog kebangsaan. Cap Go Meh identik dengan doa bersama sebagai wujud syukur dan tampilan hiburan kesenian ala Tionghoa, di mana Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia itu.

"Biasanya acara Cap Go Meh itu doa bersama kemudian tampilan hiburan Imlek, istilahnya wujud bersyukur," katanya

Adapun pada perayaan Imlek tahun 2019 mengusung tema 'persatuan dalam keberagaman'. Jadi diharapkan dialog kebangsaan dapat memberikan wawasan bagi warga Indonesia agar mencintai kebhinekaan. Perayaan Imlek tidak hanya dinikmati komunitas Tionghoa semata namun juga untuk masyarakat luas.

"Kita semua 100 persen Indonesia. Apapun suku bangsanya, apapun agamanya. Setiap orang kalau mau berkontribusi untuk Indonesia, saya yakin ke depan Indonesia akan luar biasa, jadi kami ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat menunjukkan sebuah acara budaya yang mencerminkan kebhinekaan di Kota Solo " papar dia. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »