Hard News

Relawan Jagad Belum Tentukan Arah Politik

Jateng & DIY

16 Januari 2019 11:42 WIB

Ketua Presidium Jagad Relawan Jendral TNI (Purn) Gatot Nurmantyo for NKRI, Agus Yusuf.

SOLO, solotrust.com - Relawan pendukung Jendral TNI (Purn) Gatot Nurmantyo for NKRI yang tergabung dalam Jaringan Nasional Garda Depan (Jagad) mengaku belum menentukan arah dukungan dalam Pilpres 2019.

Meski sempat diindikasikan mendukung Paslon nomor 02 Prabowo Sandi karena adanya spanduk dan foto sang jenderal terpampang di Posko Pusat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Sandi, Jagad membantahnya. Spanduk itu menurutnya hanyalah sebatas ucapan selamat atas peresmian tersebut, sama halnya yang dilakukan PDIP dengan karangan bunganya.



"Yang pasti Jagad akan selalu mendukung Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo for NKRI, sampai kapanpun." Ujar Ketua Presidium Jagad, Agus Yusuf dalam jumpa pers di Resto Ramayana, Selasa (15/1/2019)

Agus menjelaskan dalam sebuah talkshow di stasiun televisi swasta, Gatot Nurmantyo pun menyerahkan kepada relawan akan ke mana arah dukungan dalam Pilpres 2019.

Saat ini, Jagad telah dibentuk di 34 propinsi se Indonesia. Dalam rangka suksesi kepemimpinan nasional, Jagad sepakat untuk menggelar Rakornas ke-2 pada bulan Februari 2019 untuk menentukan sikap di Pilpres 2019.

"Dalam Rakornas II, kami akan menentukan sikap dukungan untuk Paslon mana ataupun kami akan netral sebagaimana pak Gatot ataupun Jagad menjadi oposisi dari kedua Capres dan Cawapres, semua akan kami tentukan dalam Rakornas itu," ucap dia.

Untuk diketahui, Rakornas pertama Jagad dihadiri pengurus relawan dari 28 propinsi se-Indonesia pada 15 April 2018 lalu di Alana Hotel Solo. Kala itu, Jagad menentukan sikap untuk mengusung Jendral TNI (Purn) Gatot Nurmantyo sebagai Capers 2019. Meskipun pada akhirnya, tokoh idola mereka batal bersaing dalam kontestasi politik Pilpres 2019. (adr)

(wd)