Hard News

RSGM Soelastri UMS Mulai Layani Masyarakat, Miliki Fasilitas Canggih Panoramik

Jateng & DIY

15 Januari 2019 09:15 WIB

Jumpa pers launching RSGM Soelastri UMS, Senin (14/1/2019). (solotrust-adr)

SOLO, solotrust.com - Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bakal launching pada 21 Januari 2019 mendatang. Selain melayani kesehatan gigi dan mulut masyarakat umum, juga menjadi sarana pendidikan bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran UMS.

"Kita mendapat izin operasional tanggal 7 Januari kemarin dari Pemkot Surakarta. Grand opening RSGM Soelastri akan dilakukan 21 Januari. Kami memutuskan mulai hari ini (Senin, red) RSGM Soelastri bisa melayani masyarakat, tidak dibatasi siapapun untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulutnya," terang Wakil Rektor I UMS Muhammad Dai dalam sesi jumpa pers di rumah sakit setempat.



Menurut Muhammad Dai, RSGM Soelastri didukung peralatan yang canggih dan modern, salah satunya adalah Panoramik. Alat tersebut dapat mendeteksi profil struktur tulang dan tengkorak wajah sehingga bisa mendiagnosis penyakit pada pasien.

Untuk diketahui, pemeriksaan ini memberikan informasi pada dokter mengenai sinus maxillary, posisi gigi, dan kelainan tulang di daerah mulut.

Pemeriksaan panoramik digunakan untuk merancang terapi atau pengobatan pada pasien gigi dan mulut. Selain itu melalui Panoramik dapat diketahui kelainan pada periodontal, kista pada tulang rahang, tumor rahang atau kanker mulut, gigi yang terganggu karena gigi geraham belakang yang baru tumbuh, kelainan rahang, sinusitis, dan kelainan terkait daerah mulut lainnya.

"Alat itu bisa memberikan dimensi yang baik sehingga memberikan gambaran yang lengkap tentang penyakit gigi dan mulut,” ungkapnya.

Adapun penamaan RSGM Soelastri, karena merupakan salah satu perintis UMS pada tahun 1958, sama halnya dengan penamaan masjid kampus Sudalmiyah Rais yang merupakan Ibunda Amien Rais.

Nama Soelastri diambil dari salah satu pendiri UMS pada 1958. Termasuk Siti Walidah, istri Achmad Dahlan pendiri persyarikatan Muhammadiyah yang diabadikan menjadi sebuah nama gedung rektorat UMS.

RS Soelastri memiliki visi menjadi rumah sakit gigi dan mulut yang islami berstandar pelayanan kelas dunia. Sedangkan misinya, pertama untuk menyelenggarakan pelayanan berstandar kelas dunia menggunakan sumber daya yang profesional dan terintegrasi dalam manajemen pelayanan yang Islami.

Kedua, menyelenggarakan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi yang menunjang pelayanan paripurna.

“Motto yang diusung adalah Sejahtera, Maju, Islam Loyal dan Empati,” terang dia.

Direktur Utama RSGM Soelastri Noor Hafida Widyastuti menjelaskan, tersedia fasilitas sarana prasarana yang lengkap dan memiliki SDM yang handal. One stop shopping dan melayani 24 jam.

RSGM Soelastri membuka pelayanan medik umum, gawat darurat, gigi dasar, gigi spesialis, penunjang medik, dan penunjang nonmedik. Lengkap dengan high care unit, ruang operasi, farmasi, sterilisasi, rekam medik, radiologi, laboratorium klinik, dan laboratorium teknik gigi.

"RSGM Soelastri memiliki 7 dokter gigi dan 7 dokter spesialis. Ada dokter spesialis untuk merapikan kawat gigi, membuat gigi tiruan, hingga dokter gigi anak," paparnya. (adr)

(way)