Kamis , 22 Agustus 2019

Wakapolda Jateng: Rutan Kelas 1 A Surakarta Sudah Normal

10 Januari 2019 20:09 WIB


Wakapolda Jateng saat memantau situasi Rutan Kelas 1A Surakarta. (solotrust-adr)

SOLO, solotrust.com - Wakapolda Jawa Tengah (Jateng) Brigjen Pol Ahmad Luthfi memastikan kondisi Rutan Kelas IA Surakarta sudah kembali normal pascakericuhan antarnarapidana pada Kamis (10/1/2019) siang.

Hal itu disampaikan Wakapolda kepada awak media usai dirinya mengunjungi dan memantau situasi dan kondisi di dalam Rutan, sore tadi.



"Pengamanan diperkuat, dan situasi sudah dikendalikan, semua kondusif," ujarnya kepada wartawan.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kejadian serupa, ia menyerukan pengamanan di Rutan lebih dirutinkan. "Baik dari petugas Rutan berkoordinasi dengan Polresta Surakarta," katanya.

Ketika disinggung mengenai kronologi kejadian perkara, mantan Kapolresta Surakarta itu enggan membeberkan untuk saat ini. Menurutnya, hal itu baru akan diungkap beberapa hari nanti.

"Untuk kronologinya setelah nanti semua selesai saja," tutur dia.

Selain itu, dirinya juga tidak menyebutkan detail lokasi beberapa tahanan yang dipindahkan dari Rutan Kelas IA Surakarta.

Kepala Rutan kelas IA Surakarta Muhammad Ullin Nuha mengungkapkan, dalam kericuhan siang hari tadi tidak hanya melibatkan warga binaan Rutan, tapi juga melibatkan sejumlah pengunjung yang tak sedikit jumlahnya. Kejadian itu memicu aksi solidaritas bagian dari ormas yang mendatangi dalam jumlah banyak dan mencoba merangsek ke dalam Rutan.

"Keributan tadi melibatkan antara pengunjung tahanan atau pembesuk dengan tahanan, karena ada kesalahpahaman. Tapi sekarang sudah normal dan kondusif kembali," kata Ulin. (adr)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »