Senin , 25 Maret 2019

Presiden Korsel Sebut BTS dalam Pidato Kepresidenan Tahun Baru 2019

11 Januari 2019 01:15 WIB


BTS berfoto bersama Presiden Korsel Moon Jae In (Dok. Big Hit Entertainment)

SOLO, solotrust.com - Dalam sebuah konferensi pers tahun baru yang dilaksanakan di Istana Kepresidenan Korea Selatan (Korsel), Kamis (10/1/2019) sebagaimana dikabarkan Soompi dari Edaily, Presiden Moon Jae In menyebut tentang BTS dalam pidatonya.

Dalam pidato tersebut, Presiden Moon berbagi tentang harapannya untuk bisa menggunakan dampak global dari populernya budaya Korea termasuk BTS untuk kesejahteraan warga negara.



"Dengan rasa bangga pada budaya kita, saya akan memastikan bahwa (budaya) itu akan digunakan untuk memajukan agenda industri masa depan sehingga tiap-tiap warga negara dapat menikmati pencapaian itu," kata Presiden Moon.

Ia melanjutkan, "Banyak orang asing yang begitu bersemangat terhadap K-Pop seperti BTS dan drama-drama Korea. Saya akan bekerja untuk membangun lingkungan untuk kompetisi yang sehat di mana penciptaan dari generasi kedua BTS dan generasi ketiga dari Hallyu menjadi mungkin, serta para penciptanya menerima perlakuan yang layak untuk mereka dapatkan."

BTS memang tengah menjadi fenomena global saat ini. Berdasarkan laporan Hyundai Research Institude (HRI) pada pertengahan Desember 2018 lalu, nilai ekonomi tahunan BTS diperkirakan mencapai 4 triliun Won (Rp51 Triliun).

BTS dilaporkan mendukung pariwisata di Korsel dengan sekitar 800.000 orang asing yang mengunjungi negara tersebut per tahun untuk menyaksikan pertunjukan mereka sejak debut tahun 2013. Angka tersebut setara dengan 7,6 persen dari 10,4 juta wisatawan asing yang mengunjungi Korsel tahun lalu.

Lembaga peneliti tersebut juga mengklaim bahwa popularitas BTS secara global memiliki dampak yang signifikan pada barang-barang ekspor di negara tersebut seperti pakaian, kosmetik, dan makanan.

Korsel mengekspor barang-barang senilai $65,2 miliar (sekitar Rp936,9 triliun) pada tahun 2017 dan BTS diperkirakan mengekspor $1,1 miliar (sekitar Rp15,8 triliun) diantaranya, atau 1,7 persen dari jumlah tersebut.

BTS diantisipasi menghasikan nilai ekonomi sebesar 41,8 triliun Won (sekitar Rp533,6 triliun) selama tahun 2014-2023 jika grup beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan JungKook tersebut bisa mempertahankan popularitas mereka.

Besaran nilai ini mengindikasikan bahwa BTS memerankan peran yang begitu signifikan terhadap ekonomi Korsel dalam sektor budaya. (Lin)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »