Minggu , 20 Januari 2019

FKIP UNS Tampilkan Pentas Seni Bernuansa Jawa Tempo Dulu

21 Desember 2018 08:31 WIB


Pentas seni yang digelar oleh mahasiswa dari FKIP UNS. (Dok panitia)

SOLO, solotrust.com – Mahasiswa dari Pendidikan Bahasa Jawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS menggelar pentas seni bernuansa Jawa tempo dulu. Seluruh pementasan dilaksanakan di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah, Sabtu (19/12/2018).

Pentas yang terbagi ke dalam dua sesi ini menampilkan sejumlah seni daerah seperti tarian, gending Jawa, teatrikal, hingga ketoprak. Pentas tersebut dibawakan berkolaborasi dari seluruh UKM Pendidikan Bahasa Jawa.



Pementasan sesi pertama dibuka dengan penampilan salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) dari Pendidikan Bahasa Jawa yaitu Wibawa Laras pukul 13.00 WIB.

Wibawa Laras menampilkan beberapa lagu sebagai pengantar dimulainya pementasan. Selain itu, tampil pula tarian “Gambyong Pareanom” dan sandiwara Jawa yang berjudul “Laras”.

Pentas seni ini terasa spesial karena turut dihadiri perwakilan Dewan Kesenian Jawa Tengah  Bambang Sadono. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi inisiatif dan kreativitas mahasiswa dalam menggelar pentas seni.

“Mari melestarikan kebudayan dan kesenian terutama kesenian Jawa,” tuturnya.

Puncak pentas seni ditutup dengan pentas ketoprak berjudul “Semboja Kapugeran”. Pentas ketoprak ini diperankan oleh beberapa mahasiswa Pendidikan Bahasa Jawa angkatan 2017. Pemeranan ini disutradrai oleh Hanjani Murti, mahasiswi Pendidikan Bahasa Jawa angkatan 2016.

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »