Hard News

Ini Hasil Identifikasi Kominfo Soal Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos

Hard News

05 Januari 2019 18:11 WIB

Ilustrasi hoaks (solotrust-prima)

JAKARTA, solotrust.com – Hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos membuat geger beberapa pihak. Kabar ini menyebar liar baik melalui media sosial maupun pesan WhatsApp.

Pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) langsung melakukan identifikasi mengenai penyebaran hoaks ini. Penelusuran dilakukan dengan menggunakan Mesin AIS Sub Direktorat Pengendalian Konten Internet Direktorat Pengendalian Ditjen Aplikasi Informatika.



“Hasil identifikasi menunjukan kemunculan informasi dalam media sosial pertama kali terjadi tanggal 1 Januari 2019 pukul 23:35 WIB. Informasi tentang adanya 7 kontainer yang berisi surat suara yang belum tercoblos. Selanjutnya tersebar ke sejumlah akun dan menjadi bahan pemberitaan oleh media nasional,” tulis Kominfo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/1/2019).

Kemudian, Kominfo menyerahkan hasil identifikasi dan temuan analisis kepada Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia pada Kamis (03/01/2018) pukul 15.00 WIB.

Sementara itu, Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri berhasil mengamankan dua terduga terkait penyebaran hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos. Saat ini polisi terus mendalami keterangan keduanya untuk menemukan dalang di balik hoaks ini.

Ke depan, Kominfo mengimbau agar warganet dan seluruh pengguna aplikasi pesan instan tidak turut menyebarluaskan informasi hoaks dalam bentuk apapun.

Jika ditemukan adanya indikasi informasi yang mengandung hoaks, warganet dapat melaporkanya melalui aduankonten.id atau akun @aduankonten.

(way)