Senin , 19 Agustus 2019

Pertama dalam Sejarah, Pesawat Ruang Angkasa Tiongkok Mendarat di Sisi Gelap Bulan

03 Januari 2019 16:50 WIB


Chang‘e-4 telah mendarat di sisi gelap bulan dalam misi pertama dunia. (CASC/The Sun)

SOLO, solotrust.com – Pesawat ruang angkasa milik China, Chang'e 4, berhasil mendarat di sisi gelap Bulan. Pendaratan ini adalah kali pertama yang terjadi sepanjang sejarah.

Pesawat antariksa China itu melakukan pendaratan bersejarah pada Kamis (3/1/2019) pagi, kata media pemerintah China. “Penyelidikan China Chang 4 mendarat di sisi jauh bulan pada pukul 10:26 pagi hari ini."



Dilansir The Sun, Chang'e-4 merupakan sebuah wahana antariksa yang memuat lebih dari satu ton peralatan ilmiah.
Cina disebut ingin memposisikan diri sebagai kekuatan luar angkasa terkemuka, dan menandai langkah besar dalam rencana Beijing untuk membangun pangkalan bulan berawak di masa mendatang.

Target Chang'e-4 adalah kawah yang terletak di cekungan Kutub Selatan-Aitken, salah satu cekungan dampak terbesar di tata surya. Dengan luas sekitar 1.600 mil dan kedalaman delapan mil, itu adalah cekungan terbesar, tertua, dan terdalam di bulan.

Nantinya dalam misi ini, mereka akan melacak tingkat radiasi dan mengumpulkan sampel tanah sebelum rencana untuk pangkalan bulan, yang diharapkan China bisa terealisasi di tahun 2030-an.

Beberapa ahli teori konspirasi crackpot mengklaim bahwa misi tersebut akan berjalan ke peradaban alien yang maju di sisi gelap misterius bulan.

Sebuah tabung yang diikat ke pendarat Chang'e-4 diisi dengan biji dan telur ulat sutra, bagian dari upaya menanam tanaman di bulan.

Sisi gelap bulan sangat ideal untuk pemukiman manusia karena menampung air dalam bentuk es, dan detektor radiasi Jerman yang diikat ke pendarat akan menguji seberapa berbahaya bagi orang untuk tinggal di sana dalam jangka panjang.

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »