Hard News

BBWSBS Share Operasional Pintu Air dan Bendungan dengan Pemkot Surakarta

Jateng & DIY

02 Januari 2019 09:12 WIB

Bendung Tirtonadi, salah satu proyek pengendali banjir di Kota Solo.

SOLO, solotrust.com – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo menyerahkan tanggung jawab operasional pintu air dan bendungan kepada Pemkot Surakarta. Hal itu diungkapkan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Charisal Akdian Manu.

“Ada 10 bangunan pengendali banjir yang meliputi 9 pintu air dan 1 bendungan di Kota Solo, hal ini sebagai langkah sinergitas penanganan banjir di Kota Solo, antara BBWS dan Pemkot.” ujar Charisal kepada solotrust.com, Rabu (2/1/2019)



Dijelaskan Charisal, saat ini debit air dari kota solo mengalami peningkatan yang dulunya hanya memiliki debit kapasitas pengaliran Q10 dengan kategori kota, dan saat ini menjadi kategori metropolitan dengan debit kapasitas pengaliran Q50. Sementara untuk wilayah pelimpahan pengelolaan seluruhnya terletak di wilayah Jebres, Semanggi, Pucangsawit, serta Kali Pepe hulu dan hilir.

“Peningkatan status kategori tersebut dikarenakan kompleksnya permasalahan di Kota Solo terkait permasalahan banjir, salah satunya kepadatan penduduk, kami share bersama Pemkot, jadi biaya operasional yang sebelumnya kami tanggung bisa dialihkan ke program lainnya dalam penanganan banjir," bebernya.

Charisal menambahkan, dengan adanya peningkatan status debit air dari Q10 menjadi Q50 BBWS bakal menambah sebanyak 8 unit pompa air dari yang sudah ada untuk dipasang di pintu-pintu air sebagai penunjang antisipasi banjir. (adr)

(wd)