Hard News

Doni Monardo Ditunjuk Sebagai Kepala BNPB yang Baru

Hard News

02 Januari 2019 06:39 WIB

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto melantik Mayor Jenderal Doni Monardo sebagai menjadi Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional(Wantannas) di kantor Menko Polhukam, Jakarta, 6 April 2018. (Foto: Humas Kemenko Polhukam)

JAKARTA, solotrust.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan menunjuk Letnan Jenderal TNI Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB). Doni Monardo ditunjuk menggantikan Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangilei.

Doni Monardo merupakan Sekjen Dewan Pertahanan Nasional. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Komandan Paspampres, Danjen Koppasus dan Pangdam Pattimura.



Awalnya Doni akan dilantik pagi ini. Namun beredar kabar pelantikan tersebut ditunda.

"Mohon maaf, pelantikan Kepala BNPB tidak jadi (hari ini). Ditunda," kata Juru Bicara Presiden, Johan Budi, melalui pesan singkat pada Selasa, (1/1/2019). Johan menuturkan, kabar itu dia dengar dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Pratikno mengabarkan informasi tersebut kepada wartawan. "Menginfokan, besok (hari ini, red) ada pelantikan. Maaf jika sudah dengar ada pelantikan," katanya.

Sebelumnya beredar undangan pelantikan Kepala BNPB baru. Berdasarkan undangan tersebut, pelantikan akan dilaksanakan digelar di Istana Negara hari ini pukul 09.00 WIB.

Willem Rampangilei dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BNPB pada 7 September 2018. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Willem dipilih karena pengalamannya. “Pertimbangan kompetensi, pengalaman di bidang itu,” kata Pratikno, di kompleks Istana, Senin, 7 September 2015.

Willem yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi I di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu menggantikan Syamsul Maarif sebagai kepala BNPB. Pratikno menuturkan, Syamsul diganti karena sudah terlalu lama menjabat. Dia memimpin BNPB sejak 2008.

#teras.id

(way)