Hard News

Tanpa Pesta Kembang Api Saat Malam Tahun Baru di Solo, Ini Komentar Beberapa Pengunjung

Jateng & DIY

1 Januari 2019 01:04 WIB

Suasana malam tahun baru di Kota Solo, ribuan warga padati Jalan Slamet Riyadi. .

SOLO, solotrust.com- Malam perayaan tahun baru 2019 di Kota Solo diperingati tanpa pesta kembang api. Sebagai gantinya, penanda pergantian tahun diperingati dengan pemukulan gamelan.

Hal ini bahkan ditetapkan melalui Surat Edaran (SE) Wali Kota Surakarta. Sejumlah pengunjung pun memberikan komentar atas hal tersebut.



Nanda, remaja asal Wonogiri ini mengaku tak kecewa meski tak ada pesta kembang api. Menurutnya perayaan malam pergantian tahun tak harus dirayakan dengan kembang api.

"Ya menurutku nggak harus kembang api sih, Mas. Tahun baru nggak harus ada kembang api. Saya baru tahu kalo di Solo begitu (tidak ada pesta kembang api)," tuturnya.

Senada, pengunjung lain, Andi, juga tak mempermasalahkan tak ada pesta kembang api di Kota Bengawan ini. Menurut pria asli Solo ini, lebih bagus memang tak ada kembang api saat malam pergantian tahun.

"Bagus ini, inisiatif yang bagus. Ya lebih menarik," katanya mengomentari penggunaan othok-othok sebagai ganti kembang api.

Meski begitu, tak sedikit pula pengunjung yang mengaku sedih tak ada pesta kembang api. Bahkan ada beberapa yang mengaku baru mengetahui hal tersebut.

Seperti yang diutarakan Rofi,  wanita asal Klaten. Ia mengaku baru tahu bahwa tak ada kembang api saat malam tahun baru di Solo. Bahkan ia mengaku sengaja datang hanya untuk menonton kembang api.

"Baru tahu saya, Mas. Ya agak sedih ya," ucapnya.

Anik, wanita asal Sragen, juga mengaku baru tahu soal peraturan tak ada kembang api saat malam tahun baru di Solo. Ia yang datang bersama suaminya, terlihat agak kecewa mengetahui hal itu.

"Yah, gitu ya (tidak ada kembang api)," tuturnya dengan raut agak kecewa.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang melarang adanya penyalaan petasan atau kembang api pada saat malam pergantian tahun nanti. SE Wali Kota bernomor 334/3826 tentang Pelaksanaan Perayaan Tahun Baru 2019 itu telah diteruskan kepada masyarakat melalui camat dan lurah.

Meski begitu, saat detik-detik pergantian tahun, tetap ada beberapa oknum yang menyalakan kembang api di tengah CFN. (way)

(wd)