Minggu , 20 Januari 2019

Ini 5 Fitur Google Maps yang Bisa Bantu Perjalanan Liburan

31 Desember 2018 02:11 WIB


Ilustrasi.

JAKARTA – Google Maps menjadi salah satu aplikasi navigasi yang banyak digunakan oleh para traveler. Namun, tidak semua traveler mengetahui beberapa fitur yang terdapat dalam Google Maps untuk membantu perjalanan liburannya.

Ada beberapa fitur menarik yang sangat membantu traveler untuk menemani perjalanan mereka. Berikut beberapa fitur Google Maps dan cara penggunaannya:



1. Mode offline

Aplikasi dalam smartphone biasanya digunakan secara online. Hal itu menjadi hambatan ketika kita mengalami gangguan jaringan internet. Namun, tidak untuk aplikasi Google Maps yang kini bisa meyimpan peta secara offline.

Untuk menggunakan Google Maps secara offline, pengguna harus mengunduh data peta pada area yang ingin dikunjungi. Peta offline tersebut hanya berfungsi untuk melakukan pencarian tempat tanpa menampilkan gambar dan review lokasi.

2. Melihat tarif taksi

Belum banyak yang mengetahui bahwa Google Maps bisa menampilkan tarif taksi. Caranya mudah, pertama buka aplikasi Google Maps, ketik lokasi tujuan Anda.

Setelah muncul lokasi tujuan, pengguna harus meng-klik bulatan bergambar mobil di pojok kanan bawah. Kemudian, akan muncul halaman di mana pengguna harus memasukkan lokasi penjemputan. Dan di halaman yang sama, klik ikon Transit berlambang taksi. Maka daftar layanan dengan harganya akan muncul.

3. Navigasi audio

Google Maps pada perangkat Android kini memungkinkan menemukan informasi dengan suara. Dengan Google Asisstant, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi peta hanya dengan perintah suara.

Caranya adalah, buka aplikasi Google Maps, setelah terbuka ucapkan "Ok Google", kemudian berikan perintah untuk mencari informasi yang diinginkan. Contohnya, "bagaimana saya dapat sampai ke Bandung?" dan "tunjukkan peta Bandung".Namun, kelemahannya adalah fitur tersebut tidak tersedia dalam semua bahasa.

4. Driving mode

Fitur driving mode pada Google Maps dapat menampilkan lokasi-lokasi yang pernah pengguna kunjungi. Hal itu terjadi karena akun Google pengguna telah merekam tempat-tempat yang pernah dikunjungi.

Melalui data yang tersimpan tersebut, Google Maps dapat memprediksi lokasi yang akan dituju, serta memberikan saran tempat terbaik yang bisa pengguna kunjungi sebagai referensi liburan.

5. Fitur timeline

Untuk melihat jalur yang dilewati setiap hari, Google Maps memiliki fitur Timeline. Fitur tersebut akan memperlihatkan secara keseluruhan waktu dan tempat yang pernah dikunjungi.

Bahkan, dengan fitur tersebut, pengguna dapat melihat keseluruhan hingga detail, seperti hari, tanggal, bulan dan tahun. Di bagian pojok kanan atas, terdapat pilihan "Today" yang berfungsi untuk melihat lokasi yang dikunjungi hari ini.

Bi bagian pojok kiri bawah terdapat pilihan "Most Visited", yang akan menampilkan lokasi yang paling sering dikunjungi. Sedangkan "Last Visit in Your Timeline" digunakan untuk melihat waktu terakhir tempat yang dikunjungi.

Sementara untuk memilih detail tempat, pilih "Place details". Dalam menu setting juga tersedia opsi "Pause location history" untuk menghentikan perekaman lokasi. Selain itu, ada opsi "Timeline Settings" sebagai pilihan untuk mengambil data riwayat dari Google Photos dan email.

#teras.id

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »