Ekonomi & Bisnis

Beberapa Komoditas Pangan Disubsidi di Pasar Mirunggan

Ekonomi & Bisnis

19 Desember 2018 15:32 WIB

Suasana Pasar Mirunggan di halaman Benteng Vasternberg Solo. (solotrust-rum)

SOLO, solotrust.com - Pasar Murah Mirunggan Gotong Royong TPID telah resmi dibuka pada Selasa (18/12/2018), di halaman Benteng Vasternberg Solo. Dalam pasar yang digelar selama 3 hari ke depan itu, beberapa komoditas disubsidi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Surakarta Triyana menjelaskan, pasar ini diikuti oleh 100 tim yang terdiri dari stan PAU Pedaringan, Bulog, PPI, dan UKM binaan OPD.



Komoditas yang dijual adalah sembako yakni beras, gula, minyak, daging ayam, buah, sayur, daging sapi beku, kuliner basah, kuliner kering, dan kebutuhan lain seperti kecap, mi instan, susu, roti, dan kerajinan tangan.

"Di dalam Pasar Gotong Royong ini memberikan subsidi untuk komoditas daging ayam, telur, beras, dan gula pasir. Khusus untuk barang-barang yang dijual dari Pedaringan, PPI, dan Bulog tidak disubsidi," jelasnya saat memberikan sambutan.

Triyana menerangkan, Pasar Mirunggan Gotong Royong ini adalah bentuk sinergi gotong royong TPID Kota Solo yang terdiri dari Bank Indonesia Solo, unsur OPD Pemkot, Perbankan, distributor komoditas pangan strategis, pelaku usaha, dan organisasi sosial di Solo.

Menurutnya, penyelenggaraan kegiatan ini tidak menggunakan APBD tetapi gotong royong dari beberapa stakeholder. Antara lain Pemkot Surakarta, Bank Indonesia Solo, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan para pelaku usaha seperti Kadin.

"Tujuannya dalam rangka menjaga keterjangkauan harga dan pasokan komoditas kepada masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, juga dilakukan beberapa agenda lain seperti penyerahan bantuan 100 tenda dari Kementerian Perdagangan kepada Pemkot yang diterima Wali Kota FX Hadi Rudyatmo. Penyerahan Surat Ijin Penempatan (SIP) secara simbolis ke tiga PKL Selter Pajang dan tiga PKL Selter Kerten.

Selain itu juga ada penyerahan hadiah Program Kepatuhan e-Restribusi Pasar Tradisional untuk 18 pedagang Pasar Klewer dan Pasar Ngudi Rejeki Gilingan dari Bank BTN kepada Pemkot, penyerahan 300 bibit pohon buah dari BTN ke Pemkot, serta penyematan topi "keep inflation down" kepada lima perwakilan pedagang.

Pembukaan simbolis Pasar Mirunggan Gotong Royong dilakukan dengan pemukulan kentongan oleh Wali Kota, didampingi Kepala Perwakilan BI Solo Bandoe Widiarto, Kepala Dinas Perdagangan Subagiyo, Triyana, dan jajaran Muspida. Hadir pula Eva Yuliana, Staf Khusus Hubungan Antarlembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan Kementerian Perdagangan.

Pasar Mirunggan sebagai upaya pengendalian inflasi atau harga komoditas menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru) oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo digelar pada Selasa - Kamis, 18-20 Desember 2018, pukul 07.00 - 13.00 WIB, di halaman Benteng Vasternburg. (Rum)

(way)