Senin , 16 September 2019

Tepi Sungai Bengawan Solo Mulai Dihijaukan

18 Desember 2018 15:34 WIB


Personil Korem 074/Warastratama tanam pohon di tepi Sungai Bengawan Solo, Selasa (18/12/2018).

SOLO, solotrust.com- Setelah melaksanakan penghijauan di Waduk Cengklik, Korem 074/Warastratama kembali mengadakan kegiatan penanaman pohon di Tanggul Sungai Bengawan Solo, Kampung Sewu, Surakarta, Selasa (18/12/2018). Pohon yang ditanam yaitu Pohon Trembesi, Salam, Damar, Sengon dan Mahoni sebanyak 500 pohon.

Penanaman ratusan bibit pohon ini selain masih merupakan rangkaian peringatan Hari Juang Kartika, juga sebagai peneduh jalan dan mengurangi dampak pemanasan global, serta untuk mengamankan tanggul sungai Bengawan Solo agar tidak mengalami erosi.



Paurdal Kima Rem 074/Warastratama Lettu Inf Cris Budiriyanto mengatakan, program tersebut merupakan wujud kepedulian Korem 074/Warastratama terhadap pelestarian lingkungan. Dalam upaya tersebut pihaknya juga turut mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat turut serta dan peduli terhadap kelestarian lingkungan yang saat ini semakin berkurang.  

"Masyarakat sekitar dapat membantu memelihara dan menjaga keberadaan pohon yang kita tanam, sehingga nantinya mampu memberikan manfaat yang dapat dinikmati anak cucu kita nanti,” ujarnya.

"Masyarakat perlu tahu dengan berbagai manfaat dari pohon, secara klimatologis penghijauan akan menyerap karbondioksida (CO2) dan menghasilkan oksigen (O2) lewat fotosintesis, mengurangi kerusakan lingkungan mulai dari erosi, pencemaran udara, global warming, hingga bencana alam," jelasnya.

Cris Budiriyanto menambahkan, Korem 074/Warastratama akan terus berupaya untuk kembali menggalakkan gerakan penghijauan dan memberikan penyadaran terhadap masyarakat, terutama di kawasan rawan bencana alam seperti tanah longsor dan banjir. "Mari kita jaga alam, lingkungan dan ekosistem kita agar lingkungan terhindar dari bencana alam,” pungkas Paurdal Kima Rem 074/Warastratama.  

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »