Hard News

Antisipasi Kebakaran, Damkar Klaten Gelar Pelatihan Gabungan

Jateng & DIY

17 Desember 2018 16:32 WIB

Latihan gabungan penangganan korban lakalantas di jalan raya.

KLATEN, solotrust.com- Guna mengasah ketrampilan anggota pemadam kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Klaten menggelar latihan gabungan penangganan korban lakalantas di jalan raya.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satpol PP Klaten Ending HS mengatakan, digelarnya latihan gabungan terkait penanganan korban lalu lintas tersebut untuk meningkatkan kemampuan apabila terjadi laka-lantas di jalan raya.



“Ini latihan gabungan, dari petugas Damkar Sukoharjo, Klaten dan Boyolali,” katanya kepada wartawan di halaman kantor Dankar Klaten, Senin (17/12/2018).

Menurutnya, latihan ini gelar untuk meningkatkan kapasitas dari petugas pemadam kebakaran.  Dikatakannya, Bantuan Kendali Operasi (BKO) antar wilayah perlu dilakukan mengigat bila terjadi kebakaran di wilayah perbatasan bisa teratasi dengan cepat sesuai  Standar Operasinal Prosedur (SOP) yang ada.

“Dalam latihan bersama itu, materi yang diberikan yakni, penanganan terhadap kecelakaan lalu lintas mencari korban di ruang sempit dimana korban terjepit body kendaraan saat terjadi tabrakan,” kata dia.

Pihaknya, menambahkan setelah petugas Damkar mengikuti pelatihan bersama diharapkan dapat menangani korban kecelakaan lalulintas, serta kebakaran di wilayah perbatasan dengan cepat dan efisien.

“Nantinya bila sudah latihan seperti ini, apabila terjadi kebakaran bisa cepat dan efisien. Apalagi terjadi di wilayah perbatasan,” tandasnya. (Jaka)

(wd)