Hard News

Gunung Soputan Meletus, Daerah Berbahaya Berada di Radius 4 kilometer

Hard News

17 Desember 2018 11:26 WIB

Gunung Soputan. (dok. twitter @Sutopo_PN)

SULAWESI UTARA, solotrust.com- Gunung Soputan yang berada di di Sulawesi Utara kembali meletus pada Minggu  (16/12/2018) hingga pagi ini. Gunung tersebut menyemburkan kolom abu dari 1,5 hingga 7 kilometer dari puncaknya.

Melansir dari laman resmi Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Saat ini Gunung Soputan berada pada status Level III (Siaga).



Badan Geologi pun merekomendasikan agar masyarakat tidak beraktivitas di dalam radius 4 Km dari puncak Gunung Soputan dan dalam wilayah sektor arah barat-baratdaya sejauh 6.5 km, karena wilayah tersebut merupakan daerah bukaan kawah, guna menghindari ancaman leleran lava dan awan panas guguran.   

Selain itu masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian,  Sungai Popang dan Sungai Londola Kelewahu.    

Jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan.

(wd)