Hard News

Lantik Bupati-Wabup Karanganyar, Ganjar Minta Pemkab Lebih Inovatif

Jateng & DIY

15 Desember 2018 19:30 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik Bupati-Wakil Bupati Karanganyar Juliyatmono- Rober Christanto. (solotrust-joe)

SEMARANG, solotrust.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Bupati-Wakil Bupati Karanganyar yang baru dilantik, Juliyatmono- Rober Christanto, lebih inovatif dalam menjalankan roda pemerintahan.

Ganjar melantik dan mengambil sumpah janji Bupati-Wakil Bupati Karanganyar terpilih periode 2018-2023 tersebut di Gedung Gradika Bakti Praja, Semarang, Sabtu (15/12/2018).



Ia menyarankan Pemkab untuk lebih inovatif dalam mengambil kebijakan pembangunan, misalnya tidak melulu memakai APBD dalam membiayai program. Ia mengapresiasi kehadiran Baznas Karanganyar yang menyokong program pemerintah.

"Jika nanti menemui kendala karena APBD cupet, tidak harus njaluk-njaluk CSR. Bisa dengan kekuatan Baznas. Keuangan dana umat bisa menyelesaikan banyak persoalan," katanya.

Tak terkecuali, mengambil pinjaman bersuku bunga rendah yang ditawarkan Kementerian Keuangan saat ABPB belum siap dicairkan. Dia pun memamerkan prestasinya dalam pencegahan korupsi yang ditandai dengan gerakan pelaporan LHKPN sampai eselon 3 dan 4. Menurutnya, jika integritas ASN baik, akan mampu memangkas anggaran-anggaran tidak perlu.

Kepada keduanya, Ganjar juga meminta pengelolaan anggaran dioptimalisasi untuk kepentingan publik, jeli menggiring pembiayaan nonpemerintah, dan menjaga integritas abdi praja.

"Semoga lancar pekerjaan ke depan. Sesuai perintah Presiden saat membagikan DIPA, gunakan anggaran lebih banyak untuk belanja modal. Kurangi rapat-rapat dan perjalanan dinas. Optimalisasi potensi yang ada. Keluar dari pekerjaan bersifat konvensional," ucapnya.

Sementara, Juliyatmono tak mau membiarkan publik beranggapan dirinya lebih nyantai memimpin Karanganyar di periode kedua atau lima tahun ke depan. Program unggulan di visi dan misi Yuli-Rober akan disampaikannya di Rapat Paripurna Istimewa di gedung Dewan pada Senin mendatang.

"Soliditas kekompakan kita segala-galanya. Gaya kepemimpinan masih sama, apa yg disampaikan Pak Rober nanti sesuai kebijakan yang kami susun bersama. Dia ibarat adik saya yang mendampingi dan mengingatkan," katanya. (joe)

(way)

Berita Terkait

Berita Lainnya