Serba serbi

Hasil World Tour Finals 2018: Semua Wakil Indonesia Tersisih di Fase Grup

Olahraga

15 Desember 2018 14:24 WIB

Anthony Sinisuka Ginting gagal melaju ke babak semifinal World Tour Finals 2018. (Dok PBSI)

GUANGZHOU, solotrust.com – Semua wakil Indonesia yang berlaga di World Tour Finals 2018 tersisih di fase grup. Dengan begitu, Indonesia menorehkan catatan buruk dengan tidak mengirimkan satu pun wakil di babak semifinal.

Harapan terakhir yang dimiliki Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja harus pupus setelah dikalahkan pasangan tuan rumah Wang Yilyu/Huang Dongping dua gim langsung 16-21, 13-21.



Bermain di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, Tiongkok, Jumat (14/12/2018) malam waktu setempat, Hafiz/Gloria sebenarnya tampil cukup apik di awal babak. Namun di akhir permainan keduanya justru berbalik dan tampak tampil di bawah tekanan.

“Kami tidak merasa ada beban, kami malah mau total dan mati-matian. Tadi kecolongan beberapa servis, untuk balik lagi agak susah, kami sudah di bawah tekanan," kata Gloria setelah pertandingan, dilansir dari laman badmintonindonesia.org.

"Saya merasa mainnya sudah enak, tapi finishing nya kurang rapi, harusnya lawan dapat poin, kami juga bisa nyolong poin di akhir. Karena kalau rubber game, bisa ada harapan," jelas Hafiz.

Di nomor lainnya, ganda putra terbaik Indonesia saat ini Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tak mampu berbuat banyak. Keduanya memutuskan untuk mundur (walk out) karena Marcus mengalami cedera pada leher bagian kanan belakang.

Sedianya Kevin/Marcus akan menjalani laga penyisihan terakhir di grup A melawan Han Chengkai/Zhou Haodong (Tiongkok) pada Jumat malam. Namun terapi yang dijalani ternyata tak cukup meringankan sakit di leher Marcus.

"Otot leher Marcus kemarin ketarik, dia takut tambah parah, jadi lebih baik mundur. Sudah kami minta dipikirkan lagi, dan akhirnya diputuskan mundur. Sudah terapi dua kali dan hasilnya memang tidak bisa langsung, tidak bisa seratus persen, soal parah atau tidaknya masih belum tahu, dia butuh istirahat dulu sekarang," ujar Aryono Miranat, Asisten Pelatih Ganda Putra PBSI.

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang berpeluang besar lolos ke semifinal, juga gagal setelah dikalahkan Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin (Taiwan), dengan skor 21-13, 18-21, 14-21.

Sementara itu di tunggal putra, Tommy Sugiarto ditaklukkan oleh Kento Momota (Jepang) dengan skor 14-21, 8-21. Pertandingan ini memang sudah tidak berpengaruh lagi karena Sameer Verma (India), sudah memastikan lolos ke semifinal dengan dua kemenangan di grup B.

Sebelumnya, ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga dipastikan tersisih setelah mengalami tiga kekalahan beruntun di babak penyisihan.

(way)