Senin , 25 Maret 2019

Mahasiswa FKIP UNS Gelar Pentas Ketoprak “Semboja Kapugeran”

12 Desember 2018 03:02 WIB


Gelar Seni yang diadakan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jawa UNS.

SOLO, solotrust.com – Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS bakal menggelar pentas ketoprak, Rabu (19/12/2018) di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah. Pertunjukan ini merupakan rangkaian dari acara rutin Gelar Seni yang diadakan saban tahun.

Tahun ini, Gelar Seni dibagi menjadi dua sesi, sama seperti tahun lalu. Sesi pertama pada sore hari akan menampilkan kolaborasi dari seluruh UKM Pendidikan Bahasa Jawa. UKM-UKM tersebut di antaranya Javakustik, Javapella, Jawabeksan, Pulpen Ijo, Wibawa Laras, dan Teater Grapyak.



UKM Teater Grapyak akan menampilkan sebuah drama Jawa yang berjudul "Laras", karangan Dukut Wahyu Nugroho yang disutradarai oleh Feeling Hani Maliki, mahasiswi Pendidikan Bahasa Jawa angkatan 2016.

Selanjutnya, sesi kedua yang merupakan acara puncak dari Gelar Seni menampilkan pentas Ketoprak dengan judul “Semboja Kapugeran” karya Bondan Nusantara. Ketoprak tersebut dikolaborasikan dengan tari tradisional Jawa dan karawitan sebagai musik pengiring.

“Meskipun para pemain tergolong pemula dan baru pertama kali ikut andil dalam pementasan tersebut, mereka mampu menjiwai karakter yang diperankan dengan sangat baik. Semua itu tidak lepas dari peran sutradara Hanjani Murti Pratika mahasiswi Pendidikan Bahasa Jawa angkatan 2016 dengan sabar melatih para pemain,” tulis panitia dalam keterangan tertulis yang diterima solotrust.com.

Gelar Seni ini diharapakan dapat memberi pengalaman serta meningkatkan kemauan untuk mempelajari kesenian Jawa sebagai bekal mengabdi di masyarakat, bangsa, maupun negara.

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com