Hard News

Puting Beliung Kembali Terjang Boyolali, 1 Rumah Ambruk, Puluhan Lainnya Rusak

Jateng & DIY

08 Desember 2018 13:50 WIB

Satu rumah ambruk setelah tertimpa pohon usai diterjang angin puting beliung. (solotrust-jaka)

BOYOLALI, solotrust.com - Bencana alam puting beliung kembali menerjang wilayah Boyolali, tepatnya di Desa Bendo, Kecamatan Nogosari pada Jumat (7/12/2018) malam. Akibatnya, sebuah rumah ambruk rata dengan tanah setelah tertimpa pohon jati berukuran besar.

Pantauan di lokasi, rumah semi permanen itu ambruk rata dengan tanah. Dua sepeda motor serta peralatan rumah tangga lainnya tampak tertimpa reruntuhan bangunan yang ambruk.



Sedangkan penghuni rumah, Agus Susilo, dan istrinya Siti Lestari, juga sempat tertimpa reruntuhan bangunan rumah yang roboh. Beruntung keduanya hanya luka ringan pada kaki dan kening.

Dikatakan Agus, kejadian berawal saat hujan deras disertai angin kencang yang perputar-putar sekitar 15 menit. Tak lama setelah itu, tiba-tiba pohon jati yang ada di sebelah rumah ambruk dan menimpa rumahnya.

“Awalnya hujan biasa, tapi terus ada angin. Tapi saya nggak tahu lagi, ya tiba-tiba ambruk saja rumah saya,” kata Agus kepada wartawan, Sabtu (8/12/2018).

Selain membuat rumah ambruk, terjangan angin puting beliung juga membuat puluhan rumah lainnya juga rusak pada bagian atapnya, serta sejumlah pohon besar ambruk dan kabel jaringan listrik dan telepon putus.

“Data sementara rumah yang mengalami kerusakan sekitar 40 rumah. Puting beliung juga menyapu atap bangunan di SMK Negeri 1 Nogosari, puluhan komputer di laboratorium juga rusak akibat terkena air hujan,” kata Kepala Desa Bendo, Sutomo.

Sebelumnya, angin puting beliung menerjang tiga desa di Kecamatan Selo pada Selasa (4/12/2018). Sedikitnya ada 198 rumah rusak  berat dan ringan serta satu rumah warga terkena longsor akibat musibah tersebut. (Jaka)

(way)