Serba serbi

Tak Lagi Gratis, Segini Tarif Masuk De Tjolomadoe

Wisata & Kuliner

08 Desember 2018 15:03 WIB

De Tjolomadoe. (solotrust.com/dit)

KARANGANYAR, solotrust.com - Masyarakat tidak lagi dapat memasuki kawasan De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar secara gratis.

PT Sinergi Colomadu selaku pengelola De Tjolomadoe mulai memberlakukan tarif tiket masuk kawasan mulai Sabtu (8/12/2018) dengan harga tiket Rp25.000. Pemberlakuan tiket ini sekaligus mengakhiri masa gratis memasuki gedung De Tjolomadoe sejak 24 Maret 2018 lalu.



Pengelola De Tjolomadoe Rachmat Priyatna mengatakan, Museum De Tjolomadoe menampilkan koleksi arsip dan artefak dari Pabrik Gula Tjolomadoe, disertai dengan narasi menarik, serta dipresentasikan dengan memadukan konsep 2 dimensi dan digital.

"Kami harapkan hadirnya museum ini mampu menjadi connector atau hubungan, antara pengunjung dengan sejarah berdirinya De Tjolomadoe," ujarnya.

Pengunjung tetap dapat menikmati fasilitas di dalam kawasan, seperti area gedung eks Pabrik Gula dan bersantai di area outdoor. De Tjolomadoe juga menghadirkan spot baru yaitu Museum De Tjolomadoe yang berlokasi di area Stasiun Karbonatasi.

Museum De Tjolomadoe menyajikan informasi mengenai sejarah Pabrik Gula Tjolomadoe dari berbagai aspek. Meliputi sejarah gula dunia, aspek ekonomi-politik, aspek sosial-budaya, aspek arsitektur, serta aspek geografis. Dengan presentasi visual modern, pengunjung dari berbagai usia dapat menikmati pengalaman berbeda saat mempelajari sejarah pabrik gula.

Museum De Tjolomadoe turut menggandeng seniman-seniman asal Yogyakarta seperti Rara Kuastra dan Putud Utama (Tempa), Studio Batu, pematung senior Wilman Syahnur, serta Prihatmoko Moki, untuk menghadirkan instalasi-instalasi interaktif.

Sebelumnya, per Oktober 2018, De Tjolomadoe dilengkapi Toko Suvenir Resmi "Goela", yang menjual beragam suvenir khas De Tjolomadoe seperti gantungan kunci, gelas, pouch, pakaian, topi, cokelat, dan lainnya, sebagai buah tangan pengunjung untuk kerabat dan keluarga.

Soft Opening Museum De Tjolomadoe telah dilakukan pada Sabtu (8/12/2018) pukul 10.00 WIB dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jarwanto. Acara ini bertepatan dengan HUT Pabrik Gula Colomadu ke 157 tahun. (Rum)

(way)