Selasa , 7 Juli 2020

Cuaca Buruk, Bandara Adi Soemarmo Sempat Ditutup Sementara

07 Desember 2018 20:41 WIB


Bandara Adi Soemarmo. (Ilustrasi)

SOLO, solotrust.com - Cuaca buruk di area Kota Solo membuat aktivitas penerbangan di Bandara Adi Soemarmo terganggu. Jumat (7/12/2018) petang, bahkan sempat terlihat sebuah pesawat yang mengitari langit Solo Raya beberapa saat.

Pejabat Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali Danar Dewi memberikan keterangan terkait terlihatnya sebuah pesawat yang mengitari langit Solo Raya petang ini.



"Dikarenakan cuaca buruk pesawat Lion dengan nomor penerbangan JT 925 tujuan Denpasar - Solo mengalami divert ke Surabaya," tuturnya melalui pesan WhatsApp kepada solotrust.com, Jumat (7/12/2018).

Pesawat tersebut membawa penumpang berjumlah 118 orang, terdiri 116 pax dewasa dan 2 anak-anak. Pesawat seharusnya mendarat di Bandara Adi Soemarmo pukul 18.35 WIB.

Adapun penerbangan yang terdampak cuaca buruk petang ini selain Lion JT925 divert SUB, untuk GA226 (Garuda) dan JT3534 (Lion Air) dalam posisi holding. Holding maksudnya adalah manuver pesawat untuk menunggu area yang aman (proected airspace) sebelum diizinkan melanjutkan segmen penerbangan berikutnya.

Akibat cuaca buruk tersebut, Bandara Adi Soemarmo sempat ditutup untuk sementara pada jam 19.00 WIB. Namun beberapa saat kemudian, pihak bandara menyatakan sudah dibuka kembali. "Bandara sempat close, tetapi sudah dibuka kembali pada pukul 19.15," ujarnya.

Danar menjelaskan, sejumlah pesawat yang holding tersebut sudah landing sekitar pukul 19.30 WIB.

Sebelumnya, beberapa warga Solo mengaku melihat awan besar menggumpal disertai petir. Selain itu, juga ada yang melihat pesawat Lion Air mengitari langit Solo Raya petang ini. Bahkan ada yang mengunggah foto dan video pesawat maupun langit bercuaca buruk di forum-forum warga di media sosial. (Rum)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com