Hard News

PMI dan Rutan Kelas I A Gelar Pengobatan Gratis, Narapidana Banyak Derita Penyakit Ini

Jateng & DIY

6 Desember 2018 15:02 WIB

Tim Medis PMI Kota Surakarta saat mengecek kesehatan penghuni rutan Kelas I A Kota Surakarta. (solotrust-dit)

SOLO, solotrust.com - Rutan Kelas I A Kota Surakarta dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta mengadakan kegiatan pengobatan gratis bagi ratusan penghuni rutan, Kamis (6/12/2018).

Kasi Pelayanan Rutan Kelas I A Surakarta Solichin saat ditemui Solotrust.com di sela kegiatan berharap, kerja sama ini bisa dilakukan rutin, paling tidak satu bulan sekali. Mengingat, saat ini jumlah tenaga medis yang ada di rutan tak sebanding dengan jumlah narapidana yang ada di rutan.



"Jujur kami kewalahan, karena hanya ada tiga tenaga medis. Satu dokter dan dua orang perawat, sehingga kami sangat membutuhkan tenaga medis,” katanya.

Tak hanya PMI, pihaknya juga berencana mengandeng Konimex dan sejumlah pihak lainnya untuk mengadakan kegiatan pengobatan gratis di dalam rutan.

Tepisah, salah seorang dokter dari PMI Kota Surakarta dr Ika Pratiwi menerangkan, kebanyakan penghuni rutan kelas I A mengalami linu-linu, gatal, hingga penyakit kulit.

”Kalau batuk pilek itu karena faktor cuaca. Obat yang kami berikan sesuai dengan penyakitnya, namun kami tetap memberikan vitamin untuk daya tahan tubuh mereka,” katanya. (dit)

(way)