Hard News

Bantuan Mulai Mengalir untuk Warga Terdampak Puting Beliung Boyolali

Jateng & DIY

5 Desember 2018 18:34 WIB

Rumah warga rusak dihantam angin puting beliung. (solotrust-jaka)

BOYOLALI, solotrust.com - Bencana alam angin puting beliung dan tanah longsor yang menerjang wilayah lereng Merapi di tiga desa Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali membuat empati sejumlah pihak untuk memberikan bantuan. Salah satunya anggota DPR RI Endang Srikarti Handayani bersama Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Rubiyo yang datang langsung meninjau lokasi terdampak.

Pantauan di lokasi kejadian, ratusan relawan, polri, TNI, serta warga setempat bergotong-royong membersihkan genting pascaterjangan angin puting beliung, Selasa(4/12/2018) sore.



Menurut keterangan warga setempat, Jumadi, (50), sebelum terjadi angin kencang yang merusakan rumah warga, terjadi hujan deras hingga beberapa jam. Beruntung kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa.

"Ada tiga desa. Desa Selo, Samiran, dan Desa Lencoh. Kalau kerugian mungkin ratusan juta. Soalnya banyak yang rusak," kata dia kepada wartawan, Rabu (5/12/2018).

Anggota DPR RI Endang Srikarti Handayani saat ditemui di lokasi kejadian meminta warga yang terkena musibah bencana untuk bersabar.

Atas kejadian itu, pihaknya berjanji akan memberikan bantuan sedikitnya 500 pak semen untuk rumah warga yang mengalami rusak berat dan rusak ringan.

"Dalam menghadapi bencana ini saya minta warga bersabar. Ini bencana yang datang secara tiba-tiba," kata dia.

Sementara itu, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Rubiyo mengatakan, pihaknya akan mencari data jumlah kerusakan rumah akibat puting beliung.

"Saya mesti tahu berapa jumlah rumah yang rusak ringan dan rusak berat. Ini perlu didata dan nanti hasilnya kita laporkan kepada dinas terkait serta kementerian yang menangani soal kebencanaan ini," jelasnya. (Jaka)

(way)