Pend & Budaya

Sasindo UNS Adakan Pelatihan ‘Menyulap’ Tulisan Jadi Uang

Pend & Budaya

28 November 2018 19:21 WIB

Suasana Pelatihan Bahasa dalam Media Digital dan Industri Kreatif yang digelar Sasindo UNS, Rabu (28/11/2018). (Dok solotrust.com)

SOLO, solotrust.com – Di zaman keterbukaan informasi ini, peluang bisnis bagi para penulis semakin terbuka lebar. Para penulis harus berpikir bagaimana tulisan yang mereka buat mampu menghasilkan uang.

Untuk itu, Program Studi Sastra Indonesia (Sasindo) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan “Pelatihan Bahasa dalam Media Digital dan Industri Kreatif”. Pelaithan digelar di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS, Rabu (28/11/2018).



Pelatihan ini menghadirkan Ari Wulandari yang merupakan penulis buku dan penulis skenario, serta Iqbal Aji Daryono yang merupakan penulis aktif di beberapa media online ternama di Indonesia.

Dalam pemaparannya, Iqbal Aji Daryono menjelaskan bagaimana strategi menyulap kata-kata menjadi uang. Menurutnya, sekarang ini penulis harus kreatif menyalurkan tulisannya agar bernilai lebih.

"Jadi konsep pelatihan kepenulisan kali ini adalah bukan bagaimana menulis yang baik, sistematis, maupun sesuai kaidah, dan sebagainya. Tetapi bagaimana menulis itu bisa menghasilkan uang. Strategi menyulap kata-kata menjadi uang," jelasnya.

Sementara Kepala Program Studi Sastra Indonesia Dra Chattri Sigit Widyastuti MHum menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat mahasiswa dalam menulis, terlebih dalam media digital.

Acara yang dilaksanakan di FIB UNS ini mendapat antusias yang tinggi dari peserta yang merupakan mahasiswa Sastra Indonesia UNS dari berbagai angkatan. Hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta yang hadir dan melebihi kapasitas ruangan yang tersedia.

Materi yang disampaikan kedua pembicara memancing banyak pertanyaan sehingga mahasiswa aktif bertanya dan diskusi berjalan interaktif.

(way)