Serba serbi

Jumlah Penderita Diabetes Naik 8 Persen

Olahraga

20 November 2018 20:04 WIB

Ilustrasi.

SOLO, solotrust.com - Pola hidup tidak sehat menjadi salah satu faktor penyebab seseorang menderita penyakit diabetes. Hal itu diungkap oleh Ketua Persadia Kota Surakarta dr Sugiarto beberapa waktu lalu.

"Dari tahun ke tahun jumlah penderita diabetes meningkat," ujarnya.



Data terakhir, kenaikan jumlah penderita diabetes mencapai 8 %. Bahkan 1 dari 12 orang di Indonesia mengidap diabetes.

Berdasar data nasional, sekitar 75 % penderita diabetes tidak terdeteksi sejak awal, sehingga tidak melakukan pengobatan secara teratur. Sedangkan data Persadia, dari total penderita diabetes baru 25 % yang sudah berobat.

"Masyarakat harus diberikan penyuluhan. Penyebab diabetes, salah satunya pola hidup tidak sehat," tuturnya.

Pola hidup tidak sehat salah satunya ditandai dengan kebiasaan makan di restoran cepat saji, apalagi dengan cara digoreng, dibakar, dan dioven.

Makanan yang diolah dapat menjadi sumber radikal bebas, menyebabkan racun dan merusak tubuh.

Pankreas yang terkena racun membuat tubuh kekurangan insulin dan kadar gula meningkat. Akibatnya, vitamin dan sari makanan hilang sehingga kadar mineral berkurang.

"Perbanyak konsumsi buah dan sayuran mentah," imbuhnya.

Selain makan makanan berserat, risiko diabetes dapat diturunkan dengan olahraga teratur, seperti jogging, aerobik, renang dan sepeda. Olahraga, idealnya dilakukan sekitar 30 - 60 menit tiap hari atau 150 menit tiap minggu.

Seseorang yang aktif berolahraga, risiko kena penyakitnya menurun. Sebab dengan olahraga, kadar gula, tekanan darah, dan kolesterol akan menurun. (Rum)

(wd)