Serba serbi

“Wake Me Up” TWICE Masuk Nominasi Grand Prix “Song of The Year” di Japan Records Award ke-60

Musik & Film

20 November 2018 01:03 WIB

Salah satu cover single “Wake Me Up” TWICE (Dok JYP Entertainment).

Solotrust.com – Single Jepang ketiga TWICE yakni “Wake Me Up” masuk dalam nominasi Grand Prix atau penghargaan tertinggi untuk kategori “Song of The Year” dalam Japan Records Awards ke-60, sebagaimana diumumkan oleh Tokyo Broadcasting System (TBS) via lamannya baru-baru ini.

Perlu diketahui bahwa Japan Record Awards ini adalah ajang penghargaan musik seperti halnya Grammy Awards di Amerika Serikat. Pemilihan nominasi didasarkan pada suara komite dari asosiasi komposer Jepang.



Dalam kategori tersebut, TWICE bersanding dengan 9 penyanyi lain termasuk AKB48 dengan hitsnya “Teacher Teacher”.

Mereka yang masuk nominasi tersebut adalah Keyakizaka46 (Ambivalent), Hiroshi Miyama (Igosso Damashii), SEKAI NO OWARI (Sazanka), Kiyoshi Hikawa (Shoubu no Hanamichi), Nogizak46 (Synchronicity), Daichi Miura (Be Myself), Kana Nishino (Bedtime Story) dan DA PUMP (U.S.A).

Ketua dari komite komposer Jepang yakni Fumihiko Sasomori seperti dikabarkan Arama Japan dari Nikkan Sports Shimbun mengatakan bahwa Grand Prix tersebut dianugerahkan pada karya yang bukan hanya mendapat dukungan kuat dari publik namun juga memiliki sisi artistik yang unggul sekali, keoriginalitasan dan perencanaan yang bagus sekali.

“Wake Me Up” sendiri telah menorehkan sejumlah rekor dalam karir musik TWICE di Jepang. Rilis pada 16 Mei lalu, single ketiga Jepang TWICE tersebut berhasil bertengger di peringkat puncak tangga lagu Oricon Daily Single dengan terjual sebanyak 129.272 unit di hari pertama rilisnya.

Dengan capaian tersebut, TWICE pun berhasil mengukuhkan dirinya sebagai girlgroup asal Korea Selatan yang debut di Jepang yang lagunya paling banyak terjual di hari pertama rilis.

Selain itu, “Wake Me Up” juga berhasil mendapatkan double platinum. Menurut data dari Recording Industry Association of Japan (RIAJ) 8 Juni lalu, “Wake Me Up” berhasil mendapatkan sertifikasi tersebut karena telah terjual lebih dari 500.000 kopi.

Itu adalah pertama kalinya TWICE mendapatkan double platinum untuk sebuah single album di Jepang.  Capaian tersebut sekaligus menjadikan TWICE sebagai artis wanita di luar Jepang pertama yang mendapatkan double platinum untuk sebuah single album di Jepang.

TWICE adalah girlgroup di bawah JYP Entertainment yang beranggotakan JiHyo, NaYeon, JeongYeon, Momo, Sana, Mina, Tzuyu, ChaeYoung dan DaHyun. Momo, Sana dan Mina adalah tiga anggota yang berasal dari Jepang.

TWICE merupakan grup K-POP yang mendapatkan popularitas tinggi di Jepang. Di Negeri Sakura tersebut, TWICE pernah mendapatkan sejumlah penghargaan seperti New Artist Of The Year (Asia), Album Of The Year (Asia) sekaligus Song Of The Year by Download (Asia) dengan hitsnya “TT” versi Jepang dalam Japan Golden Disk Award 2018.

Japan Records Awards ke-60 sendiri akan berlangsung pada 30 Desember mendatang. (Lin)

(wd)