Jumat , 28 Februari 2020

Pemkot Konsep Pasar Legi yang Baru Mirip Garasi Pesawat

12 November 2018 15:32 WIB


Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo saat kerja bakti Minggu (11/11/2018) membersihkan puing-puing Pasar Legi pasca terbakar.

SOLO, solotrust.com - Konsep bangunan permanen Pasar Legi mulai dirancang Pemkot Surakarta. Wali Kota FX Hadi Rudyatmo menyebut, desain bangunan Pasar Legi yang baru rencananya menyerupai hanggar dan tidak lagi bertingkat.

"Modelnya nanti mirip hanggar garasi pesawat terbang," kata Rudy kepada wartawan Minggu (11/11/2018)



Menurut Rudy, konsep bangunan menyerupai garasi pesawat untuk pasar induk itu dinilai memberikan kenyamanan lebih bagi para pedagang, maupun pengunjung pasar nantinya,

"Sirkulasi udara jauh lebih baik, serta tempat berdagang lebih luas. Untuk mengontrol keamanan dan kerawanan saat bencana juga lebih mudah. Belajar dari kejadian kebakaran kemarin," tutur dia.

Rudy menerangkan, penyusunan Detail Engineering Design (DED) bakal segera disusun Pemkot. Digambarkan dia, secara keseluruhan luas lahan Pasar Legi yang bakal ditata mencapai 16.640 meter persegi. Dengan perincian, 12.125 meter persegi digunakan untuk bangunan pasar dan sisanya lahan parkir dan bongkar muat barang.

"Detail engineering design (DED) akan segera disusun, luas bangunan pasar tidak jauh beda dengan yang ada sekarang," bebernya.

Mengacu pada desain lama Pasar Legi, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Gatot Sutanto sepakat jika ada kesulitan dalam penanganan kebakaran saat api melalap lantai dua bangunan itu.

"Bangunan lama konstruksi dinding bangunan yang terbuat dari seng membuat pemadaman lebih sulit. Karena seng menghambat laju air yang disemprotkan petugas dan tidak mudah jebol," urainya (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com