Hard News

Presiden Jokowi: Tol Merak-Surabaya Rampung Desember 2018

Hard News

10 November 2018 23:02 WIB

Presiden Jokowi saat meresmikan jalan tol Pejagan-Pemalang Seksi III dan IV Brebes Timur-Sewaka dan jalan tol Pemalang-Batang segmen Sewaka-Simpang Susun Pemalang. (Dok Humas Pemprov Jateng)

SLAWI, solotrust.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan tol Trans Jawa dari Merak hingga Surabaya bakal rampung pada Desember 2018. Menurutnya, saat ini tinggal beberapa ruas yang masih dalam penyelesaian.

Saat meresmikan jalan tol Pejagan-Pemalang Seksi III dan IV Brebes Timur-Sewaka dan jalan tol Pemalang-Batang segmen Sewaka-Simpang Susun Pemalang, Jumat (9/11/2018), ia menegaskan bahwa beberapa ruas yang belum rampung bakal terus dikebut pengerjaannya.



“Yang Batang-Semarang akan selesai Desember, Salatiga-Kartasura juga selesai Desember, Sragen-Ngawi selesai pada akhir November, Nganjuk-Wilangan akan selesai Desember,” urainya.

“Akhirnya, akan tersambung Merak-Surabaya di Bulan Desember dan kita harapkan sampai di Probolinggo di akhir tahun ini juga sudah tersambung. Tinggal kita menyelesaikan dari Probolinggo ke Banyuwangi yang akan selesai pada tahun 2019 yang akan datang,” jelas Jokowi yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dan sejumlah pejabat.

Menurutnya, konektivitas antarwilayah yang semakin baik itu memberikan dampak positif berupa munculnya titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di seluruh Tanah Air. Dengan begitu dihawapkan mampu mendorong pemerataan pembangunan dan terciptanya keadilan sosial bagi seluruh masyarakat.

Selain itu, konektivitas antarwilayah yang dibangun disebutnya juga membuat distribusi barang dan jasa semakin lancar.

Sementara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, tol Merak-Surabaya bisa dilewati secara gratis saat Natal dan Tahun Baru 2019 nanti.

“Minggu kedua Desember InsyaAllah akan tersambung Merak-Surabaya 870 km. Saya berharap mudik Natal untuk keluarga yang merayakan Natal dapat memakai tol ini. Saya upayakan walaupun sudah diresmikan Desember tapi itu masih free, baru tarifnya Januari dalam rangka untuk merayakan Natal dan Tahun Baru,” harapnya.

(way)