Hard News

Leni dan Nita, Polwan Cantik dengan Tugas Ciamik

Hard News

26 Oktober 2017 16:31 WIB

SOLO, solotrust.com - Siapa yang tak kesengsem saat melihat para polisi wanita (Polwan) ini? Punya wajah cantik, mereka juga ternyata memiliki peran yang ciamik.

Bripda Leni Tri Astuti dan Bripda Nita merupakan dua Polwan yang menjadi bagian dari Duta Humas Polda Jawa Tengah 2017. Dengan parasnya yang cantik, mereka mengemban tugas yang terbilang cukup menantang.



Leni, dara asal Purbalingga, mengaku senang dengan profesi yang saat ini ia emban. Menjadi Duta Humas Polda Jateng, membuatnya banyak belajar untuk selalu tersenyum ketika bertemu masyarakat.

“Tantangannya harus bisa menghadapi masyarakat secara langsung dengan senyuman,” tutur Leni saat berkunjung ke Kantor TATV di Jalan Brigjen Katamso No 173, Solo, Kamis (26/10/2017) siang.

Perempuan kelahiran 31 Oktober 1996 tersebut menuturkan, selain harus selalu tersenyum, dirinya juga dituntut untuk bisa memberikan kepercayaan kepada masyarakat. Berbagai cara pun harus ia coba agar informasi yang ia sampaikan ke masyarakat, bisa diterima dengan baik.

“Kita memberikan kepercayaan kepada masyarakat itu, bagaimana caranya kita berinovasi, dengan cara penyampaian informasi,” lanjut Leni.

Yang tak kalah penting, dirinya juga harus bisa menangkal berita-berita hoaks yang muncul di masyarakat. Leni menyebut, jika tugas tersebut menjadi salah satu tugas terpenting, mengingat penyebaran berita hoaks kian hari kian merebak.

Bersama grup Cyber Crime, Leni bersama rekan-rekannya sesama Duta Humas Polda Jateng terus-menerus melakukan filter terhadap berita-berita hoaks yang sudah tersebar. Satu hal yang harus mereka lakukan, yaitu menghentikan.

“Penangkalan berita-berita hoaks, kita kan juga ada grup Cyber Crime untuk menangkal berita-berita hoaks itu. Jadi kita memfilter berita-berita yang sudah tersebar. Itu hoaks, maka kita hentikan,” tegas Leni.

Pengalaman berbeda diungkapkan oleh Nita. Menemani Leni saat berkunjung ke Kantor TATV, Polwan asal Magelang tersebut banyak bercerita mengenai kegiatan-kegiatannya selama menjadi Duta Humas Polda Jateng.

Nita mengaku pernah mengikuti beberapa agenda kegiatan seperti mengikuti Pendidikan Masyarakat Lalu Lintas (Dikmas Lantas), hingga berkunjung ke sekolah-sekolah.

“Ya di antaranya Police Goes to School, memberikan penerangan sama siswa-siswi di SMA, SMP,” tutur Nita.

Namun saat ditanya apa tantangan yang ia hadapi selama ini, perempuan yang genap berusia 21 tahun pada 28 Oktober ini mengaku, merasa tertantang ketika harus menghadapi masyarakat dengan beragam tipe. Namun dirinya mengaku senang, bahkan bisa belajar banyak dari profesinya saat ini.

“Bagaimana kita menyikapinya dengan salam, keramahtamahan, dan humanisnya Polri,” terang Nita.

Humas Polda Jateng memiliki total 17 duta yang beranggotakan Polwan cantik dan cerdas. Mereka bertugas membantu Polri membangun kepercayaan masyarakat, juga membentuk opini positif masyarakat. Selain itu mereka juga mengemban tugas untuk menyampaikan informasi ke masyarakat, dan menangkal penyebaran berita hoaks.

 

(ndo-way)

(Redaksi Solotrust)