Hard News

Pembagian Sate Meriahkan Kirab Budaya Kampung Baru

Jateng & DIY

04 November 2018 19:41 WIB

Prosesi Kirab Budaya Kampung Baru. (solotrust-dit)

SOLO, solotrust.com - Berbagai potensi kuliner maupun kebudayaan ditampilkan di Kirab Budaya Kampung Baru, Minggu (4/10/2018). Kirab yang menggambil tema 'Manggala Njaga Praja' ini, seolah ingin menggali potensi yang ada di Kelurahan Kampung Baru, baik budaya maupun kulinernya.

Benar saja, dalam kirab kali ini panitia mengambil cerita tentang Babad Kampung Krapyak. Di mana dari situlah sejarah munculnya Kampung Baru di Kota Solo.



”Kami ingin mengambil cerita masa lalu. Di mana di Kampung Krapyak dahulu dijaga oleh seseorang yang bernama Kusumayuda, yang saat ini menjadi nama Hotel Kusuma Sahid. Kusumayuda seseorang yang mampu mengamankan negaranya,” kata Lurah Kampung Baru Suharjono kepada Solotrust.com.

”Dari situlah, kami ingin warga Kampung Baru meniru sosok Kusumayuda. Sebagai warga Kampung Baru harus mampu menjaga dan mengamankan kampungnya sendiri,” sambungnya.

Pantuan Solotrust.com, ada sejumlah gunungan yang juga ditampilkan, seperti gunungan hasil bumi dan masih banyak lagi. Bahkan, ada pula peserta kampung tersebut membagikan sate kepada warga. (dit)

(way)