Minggu , 17 Januari 2021

Antisipasi Hama Wereng, Petani Klaten Ramai Ramai Tanam Refugia

25 Oktober 2017 15:59 WIB


Bunga refugia yang ditanam petani di Cawas. (solotrust.com/jaka)

KLATEN, solotrust.com- Untuk mengantisipasi hama wereng pada tanamanan padi, Kecamatan Cawas, Klaten, Rabu (25/10/2017) pagi mengelar lomba refugia di area pinggir sawah para petani setempat. Jenis bunga refugia yang bisa mengundang hawa wereng padi itu ditanam para petani sekitar dua bulan.

Dalam lomba refugia itu satu kelompok ada 150 orang, dengan luas sawah 66 hektare kemudian panjang jalan 1,5 meter dan panjang tanah yang ditanami para petani sepanjang 400 meter.



Ketua kelompok tani Kaya Tani desa Barepan, Parjono mengatakan, pembibitan dimulai pada Maret minggu pertama, kemudian masa tanam pada September di minggu ke empat.

"Ya, tanaman bunga ini untuk mengurangi hama pada tanaman padi. Setidaknya bisa mengurangi hama. Biar hasil panennya maksimal, selama ini kan banyak hama disini,"katanya kepada wartawan,Rabu(25/10/2017).

Sementara itu, Camat Cawas, Much Nashir berharap, dengan adanya lomba tanaman refugia ini dapat memacu peningkatan kinerja menuju poktan yang mandiri. Selain itu dapat meningkatkan hasil panen para petani.

"Ini harus ditingkatkan sehingga para petani bisa mengahasilkan panen padinya yang melimpah," katanya.

 

(jaka-Wd)

()

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com