Serba serbi

RM Puncaki Chart Emerging Artists di Billboard

Musik & Film

01 November 2018 17:05 WIB

RM (Dok. Big Hit Entertainment)

SOLO, solotrust.com – RM menjadi anggota BTS pertama yang berhasil memuncaki salah satu chart Billboard yakni Emerging Artists. Dikabarkan Billboard, Rabu (31/10/2018) waktu setempat, RM atau yang memiliki nama lahir Kim Nam Joon masuk kembali dalam chart tersebut per tanggal 3 November.

RM berhasil memuncaki chart tersebut karena capaian playlist “mono” yang dirilisnya Selasa (23/10/2018) lalu. “mono” diketahui berhasil masuk peringkat 26 Billboard 200 dengan 21.000 unit album setara (Equivalent Album Units) per pekan yang berakhir pada 25 Oktober lalu, berdasarkan data Nielsen Music. Nielsen juga mengungkap bahwa 16.000 di antaranya adalah berasal dari penjualan album tradisional.



Selain itu, “mono” juga berhasil mendarat di peringkat 2 chart World Albums. Saat ini, RM juga berhasil mendaratkan enam lagunya di chart World Digital Song Sales yang dipimpin oleh track “Seoul” di peringkat ke-5.

Dalam chart Emerging Artists, RM sebelumnya pernah berada seminggu dalam chart tersebut, yakni di peringkat ke-46 pada bulan Januari lalu. Dia adalah satu dari tiga anggota BTS yang pernah berada dalam chart tersebut. J-Hope pernah berada di peringkat ke-3 pada Maret lalu dengan mixtape solo perdananya “Hope World”. Selain itu, Suga (Agust D ) juga debut di peringkat ke-46 di bulan yang sama.

Chart Emerging Artists merangking artis-artis populer yang tengah berkembang dalam pekan tersebut. Chart ini dihitung dengan menggunakan rumus yang sama dengan Billboard Artist 100, yang mengukur aktivitas artis di beberapa chart Billboard termasuk Billboard Hot 100, Billboard 200 dan The Social 50. Bedanya, chart Emerging Artists ini tidak termasuk untuk artis yang telah tercatat di 25 besar chart Billboard Hot 100 maupun Billboard 200. (Lin)

(way)