Minggu , 17 Januari 2021

Rail Klinik, Pengobatan Dilakukan di Dalam Gerbong Kereta

23 Oktober 2018 16:01 WIB


Rail Clinic.

KLATEN, solotrust.com- Ada yang berbeda pada bakti sosial pengobatan kali ini, PT Kereta Api Indonesia menggelar pengobatan gratis kepada masyarakat serta siswa Sekolah Dasar (SD) di sekitar stasiun.

Dalam rail klinik itu, berbagai proses kegiatan pengobatan kesehatan dilakukan di dalam gerbong kereta api.



Manager Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto mengatakan, rail klinik tersebut sebagai bentuk tanggungjawab sosial perusahaan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero daop enam (6) untuk melakukan pengobatan gratis terhadap masyarakat dan siswa Sekolah Dasar di sekitar stasiun.

“Ya, kali ini, rail clinic kami adakan di stasiun Delanggu, Klaten. Pengobatan gratis ini bagi warga di sekitar stasiun kereta api,” katanya kepada wartawan, Selasa(23/10/2018).

Dikatakannya, pelayanan kesehatan di Stasiun Delanggu ini, dilakukan dengan rail clinic generasi ke empat. Pada generasi ini, terdapat dua gerbong layanan kesehatan.

“Adapun, layanan kesehatan pada rail klinik ini terdapat, pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, cek kehamilan, pemeriksaan laboratorium serta pelayanan kefarmasian,” ujar dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pengobatan melalui rail klinik ini bertujuan untuk meningkatan kesehatan masyarakat disekitar wilayah kerja PT KAI.

“Kami mengajak kepada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan stasiun kereta api, untuk ikut menjaga keamanan perjalanan kereta api serta menjaga aset-aset yang menjadi milik kereta api,” kata dia.

Sementara itu, dr rail clinic Wily mengatakan, saat pemeriksaan kesehatan itu, rail klinik juga membagikan 50 kacamata gratis terhadap siswa SD Gatak dan  SD Tlobong, Delanggu, Klaten.

“Dalam pelayanan kesehatan rail klinik, masyarakat hanya diminta menunjukan kartu undangan yang sebelumnya sudah diberikan terlebih dahulu,” katanya.  

Sampai saat ini, PT KAI sudah memiliki empat kereta kesehatan yang beroprasi di wilayah Sumatera dan Jawa. Kemudian tiga kereta kesehatan lainnya beroprasi di wilayah Medan, Palembang dan Tanjung Karang. (Jaka).

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com