Minggu , 20 Januari 2019

Menjaga Golden Hand Bagi Penyintas Kanker Payudara

22 Oktober 2018 03:37 WIB


Ilustrasi kanker payudara. (Shutterstock.com)

JAKARTA – Setelah melakukan operasi mastektomi, yaitu pengangkatan payudara karena kanker payudara atau tumor di payudara, biasanya Anda akan memiliki golden hand. Bila payudara yang diangkat ada di sisi kanan, tangan kanan akan menjadi golden hand, artinya tidak boleh mengangkat beban berat.

Sebagian dari otot dan kelenjar getah bening di bagian tersebut sudah diambil, jadi lebih lemah. Dilansir dari University of Iowa, Hospitals and Clinics, ada beberapa cara untuk menjaga golden hand.



1. Hindari cedera
Jangan mengambil darah dari golden hand, kecuali benar-benar diperlukan. Tidak hanya itu, gunakan sarung tangan karet saat membersihkan sesuatu dengan pembersih yang keras, seperti saat mencuci piring. Di rumah, gunakan pengusir serangga untuk melindungi rumah dari gigitan serangga atau sengatan lebah. Hindari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15. Aplikasikan kembali tabir surya setelah berenang atau bila akan di luar seharian.

2. Hindari baju ketat
Hindari pakaian dengan lengan panjang yang ketat. Jangan memakai jam tangan atau cincin di golden hand dan juga hindari membawa tas berat dengan tangan tersebut. Pakaian dalam, seperti bra, juga tidak boleh meninggalkan tanda tekanan.

3. Hindari ketegangan otot
Hindari mengangkat barang yang berat dengan golden hand dan gerakan berulang-ulang yang memerlukan energi yang kuat, seperti menggosok, menarik, memalu. Jangan menggunakan golden hand untuk olahraga, seperti tenis, bulutangkis, dan golf.

#teras.id

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »