Hard News

Wujudkan Data Pemilih yang Akurat, KPU Serukan GMHP

Jateng & DIY

22 Oktober 2018 02:05 WIB

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo saat menghadiri sosialisasi di CFD Slamet Riyadi, Minggu (21/10/2018). (Dok Humas Pemkot Surakarta)

SOLO, solotrust.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surakarta menggelar acara Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) Pemilu 2019. Acara dilangsungkan di area Solo Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Minggu (21/10/2018).

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Provinsi Jateng Yulianto Sudrajat menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk percepatan dan penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT).



"Gerakan tersebut bertujuan untuk memastikan dan melindungi hak pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019," ujar Yulianto kepada wartawan di sela acara.

Melalui GMHP, pihaknya menghendaki publik dapat merespon, mengetahui, dan bisa menginformasikan untuk validitas data. Yulianto berharap, seluruh stakeholder dan potensinya bisa terlibat aktif dalam gerakan yang berlangsung pada 1 hingga 28 Oktober 2018, di samping KPU kabupaten/kota yang secara otomatis akan aktif menerima laporan dan memonitoring data.

"Lewat gerakan ini, kami berharap seluruh penyelenggara Pemilu, Bawaslu, dan Parpol serta pemilih juga ikut mencermati dalam rangka mewujudkan data pemilih yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan," tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang turut hadir, menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk turut serta aktif mencermati Daftar Pemilih Tetap (DPT), sehingga partisipasi masyarakat dalam Pemilu meningkat.

"Pemilu harus disambut dengan penuh suka cita dan kegembiraan, namanya juga pesta demokrasi," imbau pria yang karib disapa Rudy itu. (adr)

(way)

Berita Terkait

Berita Lainnya