Pend & Budaya

Ide Digitalisasi Pelayanan Publik di Desa, Bawa UTP Surakarta Juara Kompetisi Gagasan

Pend & Budaya

19 Oktober 2018 02:03 WIB

Tim UTP Surakarta sedang menunjukkan trophy juaranya.

SOLO, solotrust.com- Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta berhasil memenangkan juara pertama kompetisi Gagasan Pelayanan Publik Antar Universitas di Jawa Tengah 2018, yang berlangsung di Universitas Diponegoro Semarang pada Selasa (16/10/2018) hingga Rabu (17/10/2018).

Dalam kompetisi yang diadakan oleh Ombudsman Republik Indonesia, tim UTP yang diwakili oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi ini berhasil menyabet juara pertama, disusul Universitas Muria Kudus dan Universitas Muhammadiyah Magelang.



Mengusung tema "Toko Online sebagai wujud pengoptimalisasian APBdes dan Dana Desa untuk membangun desa pelayanan publik", tim UTP yang beranggotakan Danvy, Andry, dan Khoirul dibimbing oleh Susilaningtyas Budiana K, mampu membuktikan kepada dewan juri dengan keunggulan ide tulisannya.

Susilaningtyas Budiana K selaku dosen pembimbing mengatakan, dari 1000 Essay yang masuk dalam perlombaan ini, gagasan dari UTP dinilai paling memberikan kontribusi terhadap kemajuan kinerja pemerintah dalam pelayanan publik.

"Kemudahan yang bisa didapat melalui penggunaan internet khususnya toko online dilihat tim UTP sebagai peluang dalam mempermudah masyarakat melakukan transaksi online," beber dia kepada solotrust.com

Transaksi online yang dimaksud adalah Payment Point Online Bank (PPOB) yakni pembayaran tagihan secara online seperti pembayaran listrik, BPJS, Telkom, PDAM, Pulsa Seluler dan masih banyak pembayaran tagihan online lainnya.

Ditambahkan dia, gagasan lain yang juga diusung oleh tim UTP adalah penjualan online (produk pertanian dan perikanan) dan toko besi (Bangunan).

"Gagasan-gagasan ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan membangun Desa Pelayanan Publik" pungkas Susilaningtyas. (adr)

(wd)